Milli Vanilli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Milli Vanilli
Asal Jerman
Genre Dance, Pop, Funk, Rap
Tahun aktif 1988-1998
Label Arista Records, Hansa Records and Sony BMG
Artis terkait The Real Milli Vanilli
Rob & Fab
Try 'N' B
Empire Bizarre
Mantan anggota Fab Morvan
Rob Pilatus

Milli Vanilli adalah kelompok musik pop dan dance yang dibentuk oleh Frank Farian di Jerman pada 1988 dan beranggotakan Fab Morvan (lahir 14 Mei 1966) dan Rob Pilatus (8 Juni 19652 April 1998). Album perdana mereka terjual sangat laris dan mereka dianugerahi Grammy award untuk Best New Artist pada 1990. Walaupun demikian, setelah terungkap bahwa mereka tidak benar-benar menyanyi dalam rekaman, hal ini menjadi skandal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

All or Nothing (album perdana)

Farian memilih Pilatus dan Morvan untuk menjadi wajah proyek musik studio dengan penyanyi Charles Shaw, John Davis, dan Brad Howell. Farian merasa bahwa ketiga musisi tersebut berbakat namun kurang dapat dijual. Album pertama Milli Vanilli adalah All or Nothing (1988). Walau tidak dipuji para kritikus, ketenaran Milli Vanilli mulai menyebar di seluruh dunia. Album ini diremix dan diberi judul baru Girl You Know It's True untuk peredaran di Amerika Serikat, dan menghasilkan 4 hit single: All or Nothing, Girl I'm Gonna Miss You, Baby Don't Forget My Number dan Blame It On The Rain. Milli Vanilli memenangkan Grammy Award untuk Best New Artist pada 22 Februari 1990 untuk Girl You Know It's True.

Ketika publik mulai curiga akan bakat menyanyi Morvan dan Pilatus, Farian mengatakan kepada pers pada 15 November 1990 bahwa mereka tidak menyanyi dalam rekaman. Atas tekanan media massa AS, Grammy Milli Vanilli ditarik kembali 4 hari kemudian dan mereka dipecat dari Arista Records.

Keep On Running (album kedua)

Farian terpaksa membeberkan rahasia tersebut karena Morvan dan Pilatus tidak mau mempromosikan album kedua mereka. Sampul album ini kemudian diubah untuk menampilkan para penyanyi aslinya, dan judulnya diubah dari Keep on Running menjadi The Real Milli Vanilli, dan kemudian menjadi The Moment of Truth. Tiga single dikeluarkan, Keep On Running, Nice 'n Easy dan Too Late (True Love).

Rob & Fab

Sementara itu, Morvan dan Pilatus pindah ke Los Angeles dan menandatangani kontrak di Joss Entertainment Group, di mana mereka merekam album mereka sendiri dengan nama Rob & Fab. Hampir semua lagu dalam album ini ditulis oleh Kenny Taylor dan Fab Morvan. Morvan menyanyi, sementara Pilatus menjadi rapper. Single We Can Get It On dikeluarkan dari album ini.

Pada 1997, Farian setuju untuk membantu mereka dan merekam album Milli Vanilli baru dengan Morvan dan Pilatus menyanyi. Mereka kemudian melatih vokal mereka untuk menyanyi dan juga belajar pengucapan bahasa Inggris yang lebih baik. Album mereka kemudian dirilis pada 1998 dengan judul Back and in Attack.

Walaupun demikian, Pilatus kemudian tenggelam dalam masalah obat-obatan dan kriminalitas. Ia ditangkap dan dipenjara selama 3 bulan di California. Farian membayar ongkos drug rehabilitation Pilatus selama 6 bulan dan tiket pesawat terbang kembali ke Jerman. Pada malam sebelum tur untuk mempromosikan album baru mereka pada 2 April 1998, Pilatus meninggal karena overdosis obat-obatan. Album ini tidak jadi diterbitkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]