Milka Chepkorir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Milka Chepkorir (lahir 1990) adalah seorang antropologis, aktivis iklim dan aktivis hak asasi manusia. Aktivisme nya mulai dikenal ketika menjadi perwakilan dari Orang Sengwer yang tinggal di wilayah hutan Embobut dan Kapolet yang ada di Hutan Perbukitan Cherang'any dalam mempertahankan hak warga pribumi setelah secara paksa diusir oleh Dinas Kehutanan Kenya (KFS).

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Chepkorir berasal dari Orang Sengwer yang tinggal di Hutan Kapolet.[1]Dia hidup di Kitale, Kenya.[2] Dia mendapatkan gelar Sarjana Antropologi dari Universitas Marseno.[3] Saat ini , dia melajutkan studinya dengan mengambil gelar magister Kajian Gender dan Pembangunan di Universitas Nairobi di bawah hibah JHW initiative[4].

Aktivisme[sunting | sunting sumber]

Dia merupakan fellow dari program UN Human Rights Office Indigenous Fellowship pada tahun 2016.[5]

Melalui fellowship ini, dia menghadiri Forum Tetap PBB untuk Isu Masyarakat Hukum Adat ke 16 di New York dan melapotkan bahwa Perserikatan Bangsa Bangsa kurang aktif dalam menerapkan hak warga pribumi sebagai perwakilan dari Forest Peoples Programme, Natural Justice and 20 organisasi lainnya. Dia juga menceritakan tentang pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh KFS dengan membakar 90 rumah milik Orang Sengwer semenjak Uni Eropa dan Bank Dunia membiayai KFS.[6]

Dia kembali datang Forum Tetap PBB untuk Isu Masyarakat Hukum Adat ke 17 pada tahun 2018 dan kembali bercerita tentang pengusiran Orang Sengwer dari tempat tinggalnya akibat program menara air dan mitigasi perubahan iklim yang didanai oleh Uni Eropa.[7] Setelah laporan ini, Uni Eropa membatalkan proyek tersebut.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paige, Shipman (2020). Annelieke, Douma; Mohr, Tamara, ed. Embedding gender justice in environmental action: where to start? (PDF). Amsterdam: Both ENDS. hlm. 24. 
  2. ^ "Milka Chepkorir". ICCA Consortium (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 April 2022. 
  3. ^ "Milka Chepkorir Kuto ·". Global Environments Network (dalam bahasa Inggris). Global Environments Network. Diakses tanggal 20 April 2022. 
  4. ^ "Milka Chepkorir, Kenya". JWHinitiative. Diakses tanggal 20 April 2022. 
  5. ^ "Indigenous peoples' rights violated in the name of conservation - IWGIA - International Work Group for Indigenous Affairs". www.iwgia.org. Diakses tanggal 20 April 2022. 
  6. ^ "Indigenous peoples and conservation: a call to action". Natural Justice (dalam bahasa Inggris). 10 Mei 2017. Diakses tanggal 20 April 2022. 
  7. ^ Mwanza, Kevin (5 Januari 2018). "Kenya's Sengwer say they face fresh threat of eviction from their forest land". Reuters (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 April 2022. 
  8. ^ "EU suspends its support for Water Towers in view of reported human rights abuses". EEAS. 17 January 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 October 2021. Diakses tanggal 20 April 2022.