Mikoyan-Gurevich MiG-8

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Mikoyan-Gurevich MiG-8 Utka ((Rusia: Микоян и Гуревич МиГ-8 «Утка»), "duck") adalah pesawat eksperimental sayap tinggi (high wing) Soviet. Dibangun dari kayu, pesawat itu dirancang dan dibangun pada tahun 1945 untuk menguji konfigurasi canard baru. Ini juga menggunakan sepeda roda tiga undercarriage, yang pertama kali digunakan oleh biro desain (OKB).

Itu dimodifikasi untuk menguji berbagai stabilizer vertikal dan konfigurasi ujung sayap dan kemudian digunakan sebagai pesawat penghubung selama bertahun-tahun oleh biro desain.

Mempunyai julukan “Utka” (“bebek”), dari nama yang similar untuk bebek dalam bahasa Perancis, “canard”, untuk sebuah sayap tambahan kecil di bagian depan pesawat dan permukaan pengangkat utama di bagian belakang bodi pesawat. Desain canard belakangnya unik karena mempunyai baling-baling. Pesawat ini bermesin radial lima silinder Shvetsov M-11 dengan propeler pendorong.

Pesawat ini digunakan sebagai pesawat uji untuk pengembangan pesawat dengan sayap tertekuk MiG-15 dan kemudian digunakan sebagai pesawat komunikasi/serba guna oleh OKB.

Dibuat dari kayu dan kain, pesawat ini sangat ringan dan menjadi favorit bagi pilot uji MiG karena kejinakan dan karakteristik kecepatan rendahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Gordon, Yefim and Komissarov, Dmitry. OKB Mikoyan: A History of the Design Bureau and its Aircraft. Hinckley, England: Midland Publishing, 2009 ISBN 978-1-85780-307-5
  • Gunston, Bill. The Osprey Encyclopaedia of Russian Aircraft 1875–1995. London, Osprey, 1995 ISBN 1-85532-405-9

Pranala luar[sunting | sunting sumber]