Miki Satō (penyanyi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miki Satō
佐藤 ミキ
Lahir29 September
Hokkaido, Jepang
GenreAnison
PekerjaanSinger
Tahun aktif2020–sekarang
LabelSacra Music
Situs webwww.satomiki-official.com

Miki Satō (佐藤 ミキ, Satō Miki, lahir pada 29 September)[1] adalah seorang musisi Jepang dari Hokkaido yang menandatangani kontrak dengan Sacra Music. Dia memulai aktivitasnya pada tahun 2020 dengan merilis single pertamanya "Namonai Hana", lagu utama yang digunakan sebagai lagu penutup untuk musim kedua Mahōka Kōkō no Rettōsei.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Satō menghabiskan sebagian dari masa SD-nya belajar di Australia sebagai bagian dari program pertukaran, dan akan kembali ke negara itu untuk belajar saat di SMA.[2] Dia awalnya mempertimbangkan untuk mengejar karir sebagai apoteker atau pegawai negeri atas saran orang tuanya, tetapi memutuskan untuk mengejar karir musik setelah mencapai sekolah menengah. Selama waktu itu, dia menjadi anggota klub musik ringan sekolahnya, menjadi vokalis dan kemudian menjadi bassis sebuah band. Keinginannya untuk menjadi seorang musisi juga terinspirasi oleh bagaimana dia melihat bagaimana band-band amatir ditemukan di Twitter. Orang tuanya awalnya tidak menyetujui rencananya karena mereka pikir itu akan memengaruhi studinya untuk ujian masuk universitas, tetapi menjadi mendukung setelah dia lulus dan masuk universitas.[3] Saat di universitas, dia berpartisipasi dalam program di mana siswa dapat mengunjungi sekolah Tiongkok dan membawa hadiah.[2] Selama perjalanannya antara rumah dan sekolah, dia akan melihat pemandangan saat naik kereta dan menulis lirik.[3]

Satō membuat debut utamanya di bawah Sacra Music pada tahun 2020. Lagunya "Play the Real" dirilis di saluran YouTube pada Juli 2020, diikuti dengan lagu rilis terbatas "A Ka Sa Ta Na" pada bulan Agustus tahun yang sama. Single major pertamanya "Namonai Hana" (名もない花) dirilis pada 2 Desember 2020;[4] lagu utama digunakan sebagai lagu penutup untuk musim kedua Mahōka Kōkō no Rettōsei.[5] Single keduanya "You & Me" akan dirilis pada 10 Maret 2021;[4] lagu utama digunakan sebagai lagu penutup serial televisi anime Ura Sekai Picnic.[6]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

Judul Posisi puncak Oricon[4]
"Namonai Hana" (名もない花)
  • Tanggal rilis: 2 Desember 2020
35
"You & Me"
  • Tanggal rilis: 10 Maret 2021

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Official Twitter account" (dalam bahasa Jepang). Twitter. Diakses tanggal 13 Februari 2021. 
  2. ^ a b "佐藤ミキ『名もない花』インタビュー デビューまでの多彩な道のり". Animage Plus (dalam bahasa Jepang). 5 Desember 2020. Diakses tanggal 13 Februari 2021. 
  3. ^ a b "佐藤ミキ:メジャーデビューで、幼少期の"確信"を形にする"シルキーボイス"シンガー". Cocotame. Sony Music Entertainment Japan. 2 Desember 2020. Diakses tanggal 13 Februari 2021. 
  4. ^ a b c "佐藤ミキの作品" (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diakses tanggal 13 Februari 2021. 
  5. ^ "Irregular at Magic High School Anime Season 2's Teaser Previews Ending Song". Anime News Network. 30 September 2020. Diakses tanggal 13 Februari 2021. 
  6. ^ "Otherside Picnic Anime Reveals Theme Song Artists, January 4 Premiere". Anime News Network. 5 Desember 2020. Diakses tanggal 13 Februari 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]