Mike Davis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mike Davis
Mike Davis (scholar).jpg
Lahir(1946-03-10)10 Maret 1946
Fontana, California, Amerika Serikat
Meninggal25 Oktober 2022(2022-10-25) (umur 76)
San Diego, California, Amerika Serikat
AlmamaterUniversity of California, Los Angeles
Aliran
Minat utama

Michael Ryan Davis (10 Maret 1946 – 25 Oktober 2022) adalah seorang penulis, aktivis politik, ahli teori perkotaan, dan sejarawan Amerika yang berbasis di California Selatan. Dia terkenal karena investigasinya tentang kekuasaan dan kelas sosial dalam karya-karya seperti City of Quartz dan Late Victorian Holocausts. Buku non-fiksi terakhirnya adalah Set the Night on Fire: L.A. in the Sixties, ditulis bersama oleh Jon Wiener.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Davis lahir di Fontana, California, pada 10 Maret 1946.[1] Ia dibesarkan di lingkungan Bostonia El Cajon di San Diego County. Pendidikannya diselingi oleh tugas sebagai pemotong daging, sopir truk, dan aktivis Congress of Racial Equality dan Students for a Democratic Society (SDS). Dia sempat belajar di Reed College pada pertengahan 1960-an tetapi tidak memulai karir akademisnya dengan sungguh-sungguh sampai awal 1970-an, ketika dia memperoleh gelar BA dan MA tetapi tidak menyelesaikan program PhD dalam sejarah dari University of California, Los Angeles.[2]

Davis menyatakan bahwa salah satu momen yang mendorongnya untuk kembali belajar setelah bekerja adalah pemogokan dengan kekerasan, "Saya memiliki pekerjaan ini dengan sebuah perusahaan tur bus ketika tiba-tiba pemogokan yang sangat kejam ini pecah dan hal berikutnya yang saya tahu saya berada di sebuah ruangan dengan empat puluh orang yang memberikan suara tentang apakah masing-masing dari kita akan menyiapkan $ 400 untuk menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh kepala pemogokan. Saya berkata, 'Hei, teman-teman, ini gila,' dan membuat pidato terbaik dalam hidup saya. Saya kalah suara tiga puluh sembilan banding satu. Saya berpikir, 'Pekerja khas Amerika'; Saya pikir saya mengatakan 'pussies.' Alih-alih datang dengan strategi politik, mereka meraih senjata mereka segera setelah mereka melihat keropeng mengemudi bus mereka. Dan di sini saya akan menjadi mahasiswa baru di UCLA, dan saya'[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan
  1. ^ Miranda, Carolina A. (25 Oktober 2022). "Mike Davis, 'City of Quartz' author who chronicled the forces that shaped L.A., dies". The Los Angeles Times. Diakses tanggal 26 Oktober 2022. 
  2. ^ Larson, Thomas (17 Oktober 2003). "Under Our Perfect Sun: Profile of Mike Davis". San Diego Reader. Diakses tanggal 20 Agustus 2022. 
  3. ^ Adam Shatz. The American Earthquake. Diakses pada 23 Maret 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]