Mikatasa Agung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

PT. Mikatasa Agung adalah perusahaan Indonesia yang memproduksi lem dan cat. Berkantor pusat di Surabaya, Indonesia, PT Mikatasa Agung didirikan pada tahun 1976. Kini produk-produk PT Mikatasa Agung banyak digunakan oleh pemilih rumah, arsitek, pengembang properti, dan tukang bangunan.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

PT Mikatasa Agung didirikan pada tahun 1976, dengan produk pertamanya Chloroprene Rubber adhesive, dan dilanjutkan dengan memproduksi Polivinil acetate [2] adhesives dengan merek Lem Rajawali, pada tahun 1985. Kini Lem Rajawali jenis PVaC ini sudah menjadi pemimpin di pasarnya.[1]

Pada tahun 1992, Mikatasa Agung melakukan ekspansi di industri cat. Sejak tahun 2009, produk Mikatasa Agung mulai diekspor ke pasar Afrika dan negara Asia lainnya. Pada tahun 2013, Mikatasa Agung mendirikan pabrik di Jakarta untuk melayani pasar ASEAN.[1]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Untuk memperkenalkan produknya, PT Mikatasa Agung banyak mengikuti trade show di luar Indonesia terutama di kawasan Asia tenggara untuk mewakili produk-produk Indonesia yang diekspor ke luar negeri dengan kualitas pasar internasional.[3] [4]

Produk[sunting | sunting sumber]

Produk lem dari Mikatasa Agung antara lain [5]:

  1. Lem Rajawali PVAc: lem serbaguna untuk merekatkan berbagai material seperti plamir, kertas, dan kayu. Lem Rajawali PVAc memiliki daya rekat tinggi serta viskositas yang tepat sehingga sangat cocok digunakan sebagai plamir tembok. Selain itu Lem Rajawali PVAc sangat mudah diaplikasikan, juga cocok untuk industri kreatif dengan bahan kayu dan kertas serta aplikasi interior lainnya seperti tekstur.
  2. Rajawali Contact Adhesives Series (Rajawali, Power, Super): lem serbaguna dengan polychloroprene rubber. Kombinasi resin dan formulasi yang optimal menghasilkan daya rekat yang kuat di segala material, terutama kulit, bahan imitasi, karet, foam, plastik, kayu, HPL, dan bahan lainnya. Rajawali Contact Adhesive cocok digunakan untuk pengolahan kayu, furnitur, pembuatan sepatu, tas, dan peralatan rumah tangga lainnya.
  3. RCA (Bond, Bricks, Finish Plaster, Patching Compound, Plaster, Skimcoat, Tile): Konstruksi bangunan yang kuat didukung oleh kualitas mortar yang baik. RCA (Rajawali Cement Adhesive) membantu menyempurnakan kualitas mortar, sehingga bangunan menjadi lebih kokoh.
  4. RAjawali PVC: Rajawali PVC adalah lem khusus untuk pipa PVC. Dengan standar kualitas lem PVC yang tinggi, Rajawali PVC mampu menyambungkan pipa PVC dan mencegah kebocoran.
  5. Tora: Tora adalah lem serbaguna dengan formulasi yang tepat guna sehingga cocok untuk diaplikasikan di berbagai permukaan, terutama bahan EVA, kulit imitasi, spon, veneer, tachon sheet, tripleks, multipleks, teakwood, dan material lainnya.
  6. Puma PVAc: Puma adalah lem PVAc ekonomis yang kuat dan serbaguna. Diformulasikan secara khusus sehingga cocok digunakan dalam industri kayu, kemasan kardus, furniture dan sebagainya.

Produk cat dari Mikatasa Agung antara lain [6]:

  1. Taka Armor: Adalah cat berkualitas premium untuk dinding luar (exterior). Dengan NanoSkin technology, Taka Armor memberikan perlindungan yang menyeluruh terhadap permukaan dinding rumah anda dari jamur dan lumut selama paling sedikit 5 tahun (dengan prosedur pengecatan yang dianjurkan). Taka Armor juga ramah lingkungan karena bebas timbal dan merkuri.
  2. Taka Imprezza: Adalah cat berkualitas premium untuk dinding dalam ruangan (interior) dengan bahan acrylic dan pigmen khusus yang dikembangkan dengan NanoSkin technology, sehingga menghasilkan permkaan yang halus sempurna.
  3. Taka Florance: Cat berkualitas tinggi dengan bahan acrylic dan pigmen khusus untuk permukaan tembok, plesteran, semen, langit-langit, dan plywood. Florance memiliki daya tutup dan daya sebar yang tinggi serta ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri. Florance memiliki fitur Dazzling Effect Formula yang memberikan inspirasi warna lebih hidup pada bangunan anda.
  4. Taka Multicolor: Adalah cat tembok yang memberikan efek batu alam, granit, atau marmer ke dinding anda. Dengan fitur One Coat Finish System, Taka Multicolor dapat memberikan anda dinding yang elegan secara mudah.
  5. Water Block: adalah pelapis anti bocor yang diformulasikan secara khusus dengan formula W-Max yang tahan air, cuaca, dan retak. Waterblock dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis permukaan, seperti dinding, talang, genteng, beton, lantai kamar mandi dan bagian lain dari bangunan anda.
  6. Mawar: Adalah cat ekonomis yang diformulasikan secara khusus untuk berbagai jenis permukaan seperti dinding bata, dinding plester, plafon dan plywood. Mawar tersedia dalam berbagai pilihan warna.
  7. RajaCat: Adalah cat ekonomis yang diformulasikan secara khusus untuk berbagai jenis permukaan seperti dinding bata, dinding plester, plafon dan plywood. Rajacat tersedia dalam berbagai pilihan warna.
  8. Mentari: Adalah cat ekonomis yang diformulasikan secara khusus untuk berbagai jenis permukaan seperti dinding bata, dinding plester, plafon dan plywood. Mentari tersedia dalam berbagai pilihan warna. Selain itu terdapat pula varian Mentari Roof yang diformulasikan khusus untuk cat genteng.
  9. Taka Primer Coat: Adalah cat dasar untuk tembok dan permukaan lain. Terdapat dua varian Taka Primer Coat, yaitu Undercoat untuk tembok baru dan Wall Sealer untuk tembok lama yang akan dilapisi cat baru.
  10. Master Plamir: Plamir siap pakai untuk permukaan tembok dan kayu. Terdapat juga varian Master Plamir Powder.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Mikatasa". www.mikatasa.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-20. 
  2. ^ "Polyvinyl acetate". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2018-09-21. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber (2016-05-29). "Wonderful Indonesia di Laos Tuntas, Total Bisnis Rp 1 Triliun Lebih - Kompas.com". KOMPAS.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-20. 
  4. ^ WebDesign, Djamboe. "Sehari Pameran di Laos, Pengusaha Indonesia Raup Rp2 Miliar | Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)". Sehari Pameran di Laos, Pengusaha Indonesia Raup Rp2 Miliar | Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Diakses tanggal 2018-09-25. 
  5. ^ "Adhesive | Mikatasa". mikatasa.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-25. 
  6. ^ "Coatings | Mikatasa". mikatasa.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-25.