Michelle McLean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Michelle McLean
Pemenang kontes kecantikan
LahirMichelle McLean
30 Juli 1972 (umur 48)
Windhoek, Namibia
Tinggi6 ft 0 in (1,83 m)
Warna rambutPirang
Warna mataCoklat
GelarMiss Namibia 1991
Miss Universe 1992
Kompetisi
besar
Miss Namibia 1991
(Pemenang)
Miss World 1991
(Runner-up 4)
Miss Universe 1992
(Pemenang)
Suami/IstriGary Bailey (k. 2013)
Situs web resmi

Michelle McLean (lahir pada 31 Juli 1972 di Windhoek) adalah seorang aktris, penulis, model, dan ratu kecantikan asal Namibia yang dimahkotai sebagai Miss Universe pada tahun 1992. Ia berusia 19 tahun ketika ia mewakili Namibia dan menjadi wanita dari Namibia pertama (dan sejauh ini hanya) yang berhasil memenangkan mahkota Miss Universe. McLean menjadi wanita kedua setelah Ronel Liebenberg yang mewakili Namibia sebagai negara yang merdeka.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Pada usia 13 tahun, Michelle McLean memasuki dunia permodelan Internasional, setelah dinobatkan sebagai Miss Namibia pada tahun 1991 dan mencapai pada puncaknya sebagai Miss Universe, dinobatkan di Bangkok, Thailand, pada tahun 1992 - pada usia 18 tahun.

Sebagai pembawa acara, Michelle McLean telah bekerja di 26 negara, termasuk Amerika Selatan dan Asia. Beberapa peristiwa dia yang lebih berkesan diantaranya menjadi pembawa acara ‘Opera at the Pyramids’; kompetisi M-Net ‘Face of Africa’ di Ghana dan Mesir dan the Loeries Advertising Awards pada tahun 1998 dan 2000.

Sebagai presenter TV, acara nya berkisar dari majalah dan gaya hidup untuk musik dan e-commerce untuk menunjukkan-selubung beberapa rumah paling bergaya Afrika Selatan di program DSTV Home Channel baru “Better Bonds Celebrity Homes”. Dia juga merupakan salah satu artis pengisi suara terkemuka Afrika Selatan, dengan MTN Seluler sebagai salah satu klien utamanya.

Dia berkampanye tanpa lelah untuk banyak amal dan memuncaki daftar ini adalah The Michelle McLean Children Trust di Namibia, dibentuk pada tahun 1992 dan masih tetap kuat, dan Michelle McLean Primary School, juga di Namibia, yang memiliki 890 siswa. Dia adalah wajah terkini Lux Lotion. Michelle terlibat dalam berbagai usaha bisnis, terutama di pasar properti sebagai Direktur salah satu Agen Estate papan atas negara tersebut dan dia baru saja meluncurkan berbagai perhiasan halus.

Miss World[sunting | sunting sumber]

Sebelum ia menjadi Miss Universe, McLean berkompetisi di Miss World 1991. Di awal kompetisi dia berakhir seri di tempat kedua dengan skor 51 bersama dengan Miss Afrika Selatan, di belakang pemenang akhirnya, Venezuela Ninibeth Leal; McLean akhirnya selesai di top 5.

Miss Universe[sunting | sunting sumber]

Di kontes Miss Universe 1992 ia selesai kedua di awal dengan skor 9,147, tepat di belakang Carolina Izsak dari Venezuela, yang memenangkan semua tiga kompetisi awal. Meskipun demikian, kehangatan dan cinta McLean untuk anak-anak membantu meraih mahkota lebih daripada Izsak, Paola Turbay dari Colombia, dan Madhushri Sapre dari India.

Pada tahun 1992 Michelle mendirikan Michelle McLean Children's Trust di Namibia, yang berfokus pada pendidikan dan perawatan anak-anak kurang beruntung.

Kehidupan setelah Miss Universe[sunting | sunting sumber]

Michelle menjadi tokoh yang berperan membawa kontes Miss Universe ke negaranya pada tahun 1995. Pada tahun 1998 Michelle diakui oleh Donald Trump pemilik Organisasi Miss Universe dan dianugerahi dengan The Life Time Achievement Award karena karya filantropi. Michelle berada di Johannesburg dengan anaknya 11 tahun Luke, dan saat ini sedang menulis buku tentang kehidupan di media dan memoar perjalanannya.

Mclean menjadi pembawa acara Miss World 2009 di Johannesburg, Afrika Selatan dengan pemenang akhir saat itu adalah Kaiane Aldorino dari Gibraltar. Turut hadir saat itu adalah Miss World 2000, Priyanka Chopra.

Michelle McLean dan mantan kiper Manchester United Gary Bailey menikah pada tanggal 9 Maret 2013.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ name="PEARL COETZEE - WINDHOEK">Mclean, Michelle (4 October 2012). "Weddind bells for Mclean,Bailey". Namibian Sun. Diakses tanggal 4 October 2012. 
Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Bendera Meksiko Lupita Jones
Miss Universe
1992
Diteruskan oleh:
Bendera Puerto Riko Dayanara Torres
Didahului oleh:
Ronel Liebenberg
Miss Namibia
1991
Diteruskan oleh:
Anja Schröder