Michael Schumacher (koreografer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Michael Schumacher
Lahir1961 (umur 62–63)
Spokane, Washington
KebangsaanAmerika Serikat
PekerjaanKoreografer

Michael Schumacher (lahir 1961 di Spokane, Washington) adalah seorang koreografer, penari balet, dan guru tari berkebangsaan Amerika Serikat.

Karier[sunting | sunting sumber]

Schumacher dibesarkan di Lewiston, Idaho, dan memulai kariernya sebagai penari di sana. Dia lulus dari Juilliard School dengan gelar sarjana seni dalam bidang tari. Kemudian, dia pindah ke Eropa dan menetap di Amsterdam.[1] Sebagai penari, dia menjadi anggota beberapa kelompok penting, termasuk The Forsythe Company, Twyla Tharp Dance, Feld Ballet, Pretty Ugly Dance Company, dan Magpie Music Dance Company. Beberapa kali, dia mengambil peran dalam produksi Peter Sellars, termasuk Bijbelse Stukken, Peony Pavilion, El Niño, Bach Cantatas, dan La passion de Simone. Selain itu, dia tampil dalam koreografi oleh Cora Bos-Kroese, Dana Caspersen, Anouk van Dijk, Mark Haim, Chico Katsube, Ruth Meyer, dan Paul Selwyn Norton.[2]

Sebagai koreografer, Schumacher bekerja dua kali untuk The Forsythe Company, pertama dengan Splendor Shed (1990), kemudian dengan Blender Head (1994). Dia juga menciptakan koreografi untuk Netherlands Dance Theater III, The Dutch National Ballet, dan Dansgroep Amsterdam. Pada tahun 1995, bekerja sama dengan saudaranya, Steven, dia menciptakan Unwrapped, kemudian bekerja sama dengan Daniela Graça, Marcelo Evelin, dan Anat Geiger untuk ANDAMAMI (2000) dan Glashuis (2001). Sejak akhir tahun 1990-an, koreografinya secara rutin muncul dalam Holland Dance Festival.

Sebagai improvisator, Schumacher beberapa kali bekerja sama dengan cellist dan komposer Alex Waterman: Heaven Is A Radio (2003 di Teater Frascati di Amsterdam), Dans le Jardin (2004 di Biennale de la Danse di Lyon dan 2006 di STEPS Festival di Swiss), dan Six Suites (2005 di Holland Dance Festival di Den Haag). Pada tahun 2008, Schumacher dianugerahi Gouden Zwaan dan Jiri-Kylián-Ring.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Michael Schumacher". Diakses tanggal 24 Juni 2023. 
  2. ^ "Michael Schumacher". LA Phil. Diakses tanggal 24 Juni 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]