Michael Kiske

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Live di suatu acara tahun 2013

Michael Kiske (lahir 24 Januari 1968 di Hamburg, Jerman) adalah seorang penyanyi yang dikenal sebagai vokalis band power metal Helloween. Setelah keberangkatannya (keluar) dari band pada tahun 1994 , Kiske tercatat empat album solo, berpartisipasi pada proyek various rock metal, seperti Avantasia, Place Vendome dan Kiske / Somerville, sementara ia juga tampil dengan berbagai band sebagai vokalis tamu. Pada akhir 2009, ia membentuk band rock Unisonic dan mulai tur lagi setelah 17 tahun,dan setelah bertahun tahun lamanya pada tahun 2017 ini kiske akan kembali ke band lamanya helloween untuk mengikuti konser bertajuk " pumpkins united "

( Awal )[sunting | sunting sumber]

Karier musiknya dimulai pada usia 16 tahun ketika ia adalah vokalis untuk band Rock bernama Ill Prophecy. Dengan band ini ia merekam demo tape yang memiliki versi awal lagu Helloween masa depan, tetapi itu tidak pernah dirilis secara komersial.

Helloween (1986-1993-2016-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Vokalis yang bergabung dengan Helloween saat usianya baru menginjak 18 tahun ini punya lengkingan suara yang sangat tinggi. Teknik head voice Michael Kiske memang layak diacungi jempol. Michael Kiske membuat ketenarannya di Jerman band power metal Helloween sebagai vokalis mereka. Kiske bergabung dengan Helloween pada tahun 1987 dan tercatat Keeper Of The Seven Keys Part I, secara luas dianggap sebagai salah satu album terbaik Helloween dan tonggak dalam penciptaan genre power metal. Bahkan sekarang di usianya yang kini telah lewat 40 tahunan, Michael masih sanggup menggapai nada-nada tinggi. Kalau tidak percaya, coba saja lihat aksi live Michael Kiske saat membawakan tembang-tembang lawas Helloween macam I Want Out atau Dr. Stein. Lengkingannya tak beda saat ia masih berusia belasan tahun dan membawakan tembang fenomenal A Tale That Wasn’t Right.

Karakter vokal Michael Kiske memang bersih dan jernih seperti air namun tetap powerful. Dengan range vokal yang luas (4 oktav) dan teknik vibra yang jadi salah satu ciri khasnya, Michael Kiske mengawal Helloween menuju puncak. Ia tak pernah kesulitan membawakan tembang mana pun, bahkan tembang dari album pertama dan kedua yang saat itu masih disuarakan oleh Kai Hansen.

Kiske memiliki suara yang hidup dan bersih beberapa fans dan kritikus menyamakan gaya bernyanyi dan jangkauan dengan yang Geoff Tate atau Samson-era Bruce Dickinson. Dia bernyanyi dengan cara tenor dan memiliki berbagai vokal hampir 4 oktaf, karena ia mampu mencapai catatan yang sangat tinggi (A5) dan catatan bariton rendah (C2) juga. Waktu Kiske di Helloween telah terbukti sangat berpengaruh, dan banyak penyanyi mengutip dia sebagai pengaruh besar. Ia sering diakui sebagai salah satu penyanyi power metal terbesar sepanjang masa.

Dia tinggal dengan band selama lebih 3 album studio dan 1 album live. Album studio yang disebut Keeper Of The Seven Keys Part II yang membawanya sukses di seluruh Eropa, Asia dan bahkan Amerika Serikat, album konser Live di Inggris dan 2 album studio lebih bernama Pink Bubbles Go Ape dan Chameleon.

Sayangnya, eksplorasi musikal Michael Kiske membawa Helloween ke arah yang diharamkan para pecinta power metal. Alhasil, album Pink Bubbles Go Ape pun dicaci maki fans metal seluruh dunia. Kesalahan ini berlanjut ke album Chameleon yang membuat masa depan Helloween terancam. Keputusan pun dibuat. Setelah kegagalan komersial album seperti pink Bubbles Go Ape dan Chameleon, Kiske meninggalkan Helloween. Michael dipecat dari band pada tahun 1993, dilaporkan karena alasan pribadi dan perbedaan musik. Ia digantikan oleh Andi Deris. Tiga tahun setelah meninggalkan Helloween, Kiske merilis album solo pertamanya, Instant Clarity yang menampilkan penampilan tamu oleh Kai Hansen Gamma Ray dan Adrian Smith dari Iron Maiden. Gayanya lebih rock dari power metal sekarang. Michael Kiske punya kelebihan jangkauan range vokal yang luas, corak vokal yang jernih plus teknik vokal yang prima. Sayangnya, eksplorasi musikal Michael Kiske sudah melewati ‘pengkotakan genre’ dan tak bisa diterima fans berat power metal. Album solo kedua, Readiness to Sacrifice, dirilis di Korea dan Jepang pada tahun 1999, dan di Eropa pada tahun 2001 . Musik di album ini menampilkan Michael bergerak menjauh dari heavy metal roots dan bahkan berisi dua lagu simfoni .

Pada tahun 2006 , Michael Kiske merilis full-length album solo ketiganya di bawah nama Kiske. Album ini berisi lagu-lagu mellow, akustik gaya pop-rock dan langkah menjauh dari suara album solo sebelumnya.

Live di suatu acara tahun 2010

ke jalan solo[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008 , Kiske merilis karya solo keempatnya yang berjudul “Past in Different Ways”.