Michael Jackson's This Is It

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Michael Jackson's This Is It
SutradaraKenny Ortega
Produser
PemeranMichael Jackson
Penata musikMichael Bearden
Sinematografer
  • Sandrine Orabona
  • Tim Patterson[1]
Penyunting
  • Don Brochu
  • Brandon Key
  • Tim Patterson
  • Kevin Stitt
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 26 Oktober 2009 (2009-10-26) (Amerika Serikat)[3]
  • 28 Oktober 2009 (2009-10-28) (Indonesia)
Durasi113 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$60 juta
Pendapatan
kotor
$261.2 juta[4]

Michael Jackson's This Is It adalah sebuah film dokumenter-konser Amerika Serikat tahun 2009 tentang latihan dan persiapan Michael Jackson untuk rangkaian konser dengan nama yang sama yang dijadwalkan akan dimulai pada 13 Juli 2009 di The O2 Arena, tetapi dibatalkan karena kematiannya delapan belas hari sebelumnya pada 25 Juni. termasuk cuplikan tambahan di belakang layar, termasuk audisi penari dan desain kostum. Sutradara film, Kenny Ortega, menegaskan bahwa tidak ada rekaman yang awalnya dimaksudkan untuk dirilis, tetapi setelah kematian Jackson, disepakati bahwa film tersebut akan dibuat. Rekaman itu difilmkan di California di Staples Center dan The Forum.

Sejak konfirmasi film tersebut, AEG Live menghadapi kritik, sebagian besar terdiri dari klaim bahwa mereka hanya membuat film untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa anggota keluarga Jackson telah mengkonfirmasi bahwa mereka tidak mendukung film tersebut, dan beberapa anggota keluarga berusaha untuk menghentikan perjanjian film tersebut pada bulan Agustus. Film ini juga dikelilingi oleh tuduhan mengenai penampilan tubuh ganda di tempat Jackson, yang dibantah Sony, dan itu menghadapi kemarahan dari beberapa penggemar Jackson, dengan beberapa bahkan memulai protes terhadap film tersebut. Pada bulan Agustus 2009, seorang hakim menyetujui kesepakatan antara Jackson's estate, promotor konser AEG Live, dan Sony Pictures. Perjanjian tersebut memungkinkan Sony untuk mengedit ratusan jam rekaman latihan yang diperlukan untuk membuat film; Sony kemudian membayar $50 juta untuk hak film tersebut.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "This Is It (2009 Documentary): Full Credits". IMDB.com. Diakses tanggal September 24, 2009. 
  2. ^ "This Is It (2009 Documentary): Company Credits". IMDb.com. Diakses tanggal September 24, 2009. 
  3. ^ "This Is It Worldwide Release Dates". Sony Pictures.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-22. Diakses tanggal September 21, 2009. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama boxofficemojo
  5. ^ Smith, Christopher (August 11, 2009). "Sony Pictures to produce Michael Jackson film". Los Angeles Times. Diakses tanggal September 21, 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]