Metro Kairo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Metro 2 Kairo

Metro Kairo (Arab: مترو أنفاق القاهرة‎ atau مترو الأنفاق) merupakan merupakan sebuah sistem angkutan cepat di Kairo, Mesir. Sistem ini mencakup 3 jalur, dengan total panjang rutenya 70,2 km. Jalur ini diresmikan pada tahun 1987.

Metro ini dilakukan oleh Otoritas Nasional untuk Terowongan. Rute ini menggunakan ukuran standar (1435 mm). Harga tiket adalah EGP 1.00 untuk setiap perjalanan sejak Oktober 2007, EUR 0,13 atau USD 0,18), terlepas dari jarak. Pada semua kereta api metro Kairo, dua gerbong di tengah (ke-4 dan ke-5) pada setiap kereta adalah dikhususkan untuk wanita sampai awal malam sebagai pilihan untuk para wanita yang tidak ingin duduk dengan pria dalam gerbong yang sama; meskipun begitu, wanita masih dapat menaiki gerbong lain secara bebas.

Pada Agustus 2019, berlangsung penandatanganan kontrak dengan Bombardier Transportation, Orascom Construction, dan Arab Contractors senilai $4,5 milyar untuk membangun dan mengoperasikan dua jalur monorel. Jalur pertama sepanjang 54 km dimulai dari timur Kairo ke ibu kota administratif baru. Sementara, jalur kedua memiliki panjang 42 km yang membentang antara 6 October City hingga Giza.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ News, Urban Transport (2019-08-13). "Cairo awards contract to supply and operation of two monorail lines in Egypt". Urban Transport News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-16. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]