Mulut nyabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Meth mouth)


Mulut nyabu atau dalam Bahasa Inggrisnya meth mouth adalah kondisi rusaknya sebagian besar gigi akibat penggunaan sabu (crystal meth) secara berlebihan, walaupun sebenarnya kecanduan terhadap obat-obatan terlarang lainnya pun bisa menyebabkan kondisi ini. Karena kerinngnya mulut, jarang menggosok gigi, sering menggeretakkan gigi, dan diperburuk oleh kebiaasaan makan atau minum manis, gigi penderita biasanya berlubang, retak, tanggal, atau membusuk parah.

Kondisi ini sulit diperbaiki, karena harus dilakukan penambalan, pemberian floride untuk menguatkan gigi dan gusi, serta obat-obatan untuk meningkatkan produksi ludah agar mulut tidak kering. Pecandu aktif sabu biasanya tidak bisa dioperasi karena penggunaan obat bius akan mengganggu kerja jantung mereka jika berinteraksi dengan sabu.

Proses kerusakan gigi[sunting | sunting sumber]

Penggunaan sabu menyebabkan kondisi penggunanya sering menggemeretakkan gigi dan mengalami psikosis. Hal ini menyebabkan mereka mengabaikan kebersihan mulut, sehingga gigi menjadi berlubang dan membusuk. Keringnya mulut akibat xerostomia juga mempercepat pembusukan gigi.