Mesin angkut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pelacakan model CAD dari mekanisme mesin angkut skid

Mesin angkut adalah mesin alat berat yang digunakan dalam konstruksi untuk memindahkan atau memuat material seperti tanah, batu, pasir, puing-puing pembongkaran, dll. Ke dalam atau ke jenis mesin lain (seperti truk jungkit, sabuk berjalan, pemungut pakan, atau gerbong kereta api ).

Ada banyak jenis loader, yang, tergantung pada desain dan aplikasinya, disebut mesin angkut ember, front loader, front-end loader, payloader, high lift, mesin angkut sauk, mesin angkut sekop, skip loader, wheel loader, atau skid-steer .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Mesin angkut adalah jenis traktor, biasanya beroda, terkadang di atas rel, yang memiliki ember lebar yang dipasang di depan yang terhubung ke ujung dua boom (lengan) untuk mengambil material lepas dari tanah, seperti tanah, pasir, atau kerikil, dan memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain tanpa mendorong material melintasi tanah. Mesin angkutbiasanya digunakan untuk memindahkan material timbunan dari permukaan tanah dan memasukkannya ke dalam truk jungkit yang menunggu atau ke galian parit terbuka.

Rakitan angkut dapat berupa lampiran yang dapat dilepas atau dipasang secara permanen. Seringkali ember dapat diganti dengan perangkat atau alat lain—misalnya, banyak yang dapat memasang garpu untuk mengangkat palet atau kontainer pengiriman yang berat, dan ember "clamshell" yang dapat dibuka secara hidraulik memungkinkan truk angkut untuk bertindak sebagai penggusur atau pengikis ringan. Embernya juga dapat ditambah dengan perangkat seperti bal pecapit untuk menangani bal besar jerami hijau atau jerami .

Mesin angkut besar, seperti Kawasaki 95ZV-2, John Deere 844K, ACR 700K Compact Wheel Loader, Caterpillar 950H, Volvo L120E, Case 921E, atau Hitachi ZW310 biasanya hanya memiliki ember depan dan disebut mesin angkut ember depan, sedangkan traktor angkut kecil adalah sering juga dilengkapi dengan cangkul belakang kecil dan disebut mesin angkut cangkul belakang atau JCB, setelah perusahaan yang pertama kali mengklaim telah menemukannya. Perusahaan lain seperti CASE di Amerika dan Whitlock di Inggris telah memproduksi mesin angkut-keruk jauh sebelum JCB.

Komponen utama[sunting | sunting sumber]

Komponen utama yang termasuk dalam mesin angkut adalah mesin (solar di hampir semua kasus), komponen hidrolik (seperti pompa, motor, dan katup) dan komponen transmisi (kotak roda gigi, gandar, roda/trek, pompa, motor, dll. ).Mesin menjalankan hidraulik dan transmisi, dan ini pada gilirannya menggerakkan perkakas depan (ember, garpu, penyapu, dll.) untuk memanipulasi material yang sedang ditangani, dan roda atau pelacak untuk menggerakkan alat berat di sekitar lokasi kerja.

Referensi[sunting | sunting sumber]