Mesin Virtual berbasis Kernel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

KVM adalah teknologi virtualisasi sumber terbuka yang ada di Linux®. Secara khusus, KVM memungkinkan Anda mengubah Linux menjadi hypervisor yang memungkinkan mesin host menjalankan beberapa lingkungan virtual yang terisolasi, yang dikenal sebagai guest atau virtual machine (VM).

.

KVM memungkinkan pengoperasian berbagai mesin virtual dengan gambar Linux atau Windows yang tidak dimodifikasi. Perangkat keras pribadi yang tervirtualisasi terdiri dari kartu jaringan, disk, adaptor grafis, dan lainnya.

KVM adalah program sumber terbuka. Komponen ruang pengguna KVM ada dalam QEMU versi utama sejak versi 1.3. Komponen kernel KVM ada dalam Linux mainline sejak versi 2.6.20.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Untuk meningkatkan keamanan dan isolasi virtualisasi virtual (VM), kombinasi Linux yang ditingkatkan keamanannya (SELinux) dan virtualisasi aman (sVirt) digunakan. SELinux menetapkan batas keamanan di sekitar VM, dan sVirt memperluas kemampuan SELinux, memungkinkan pengaturan akses mandatori (MAC) diterapkan pada VM tamu dan mencegah kesalahan label manual.


Penyimpanan KVM dapat menggunakan penyimpanan apa pun yang didukung oleh Linux, seperti NAS dan disk lokal. Sebuah multipath I/O dapat digunakan untuk menyediakan redundansi dan meningkatkan penyimpanan. Selain itu, KVM mendukung sistem berkas bersama, yang berarti bahwa image virtual machine (VM) dapat digunakan bersama oleh berbagai host. Gambar disk memungkinkan penyimpanan fleksibel, bukan semuanya di depan.


Karena vendor perangkat keras secara teratur berkontribusi pada pengembangan kernel Linux, dukungan perangkat keras KVM memungkinkan penggunaan berbagai platform perangkat keras yang didukung Linux yang tersertifikasi. Fitur perangkat keras terbaru sering kali diadopsi dengan cepat oleh kernel Linux.

Kelola KVM[sunting | sunting sumber]

Mengendalikan KVM memungkinkan untuk mengelola secara manual banyak virtual machine (VM) yang dijalankan pada satu workstation tanpa alat manajemen. Perangkat lunak manajemen virtualisasi berinteraksi dengan lingkungan virtual dan perangkat keras fisik dasar untuk mempermudah pengelolaan sumber daya, meningkatkan analisis data, dan merampingkan operasi. Untuk mencapai tujuan ini, Red Hat membuat Red Hat Virtualization.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Mesin Virtual Berbasis Kernel (KVM) menggunakan kernel Linux dan CPU yang mendukung ekstensi virtualisasi, terutama pada CPU x86.[1] Kernel Linux adalah inti sistem operasi sumber terbuka yang berinteraksi dengan perangkat keras komputer dan memastikan bahwa aplikasi perangkat lunak mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan. Untuk aktivasi KVM, komponen perangkat lunak seperti modul kernel host, modul khusus prosesor, emulator, dan paket Linux lainnya harus diinstal di mesin Linux. Administrator server dapat membuat mesin virtual dengan GUI atau CLI. KVM mengelola alokasi sumber daya untuk setiap mesin virtual sebagai proses Linux individual.

Implementasi[sunting | sunting sumber]

Singkatnya, versi Linux yang dikeluarkan setelah tahun 2007 diperlukan untuk diinstal pada perangkat keras x86 yang mendukung kemampuan virtualisasi. Jika Anda mencentang kedua kotak tersebut, Anda harus memuat dua modul yang sudah ada, yaitu modul kernel host dan modul khusus prosesor, emulator, dan semua driver yang akan membantu Anda menjalankan sistem tambahan.

Namun, menerapkan KVM pada distribusi Linux yang didukung, seperti Red Hat Enterprise Linux, memperluas kemampuan KVM, memungkinkan Anda berbagi pustaka umum, mengoptimalkan kinerja sistem, dan menukar sumber daya antar tamu.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Komputer virtual berbasis kernel (KVM) adalah solusi virtualisasi penuh untuk Linux®. Dalam arsitekturnya, setiap tamu, atau mesin virtual, dioperasikan sebagai proses Linux biasa. Dengan menginstal KVM, Anda memiliki kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu tamu, masing-masing menjalankan gambar sistem operasi yang berbeda. KVM memanfaatkan semua fitur kernel Linux karena setiap mesin virtual ini memiliki perangkat keras virtual pribadi seperti memori, penyimpanan, adaptor grafis, dan kartu jaringan.

Pengumpulan data kapasitas[sunting | sunting sumber]

Data kapasitas dikumpulkan dari mesin virtual yang dikelola oleh host KVM dalam dua cara: 1. Dengan menggunakan Alat Pengelola VM. Data ini dikumpulkan dari host KVM Red Hat x86 yang dikontrol oleh RHV-M.

- Data dikumpulkan dari host KVM Oracle Linux x86 yang dikontrol langsung oleh Oracle Linux Virtualization Manager 2. Host KVM x86 yang tidak dikontrol oleh RHV-M atau Oracle Linux Virtualization Manager - Host PowerKVM

Refrensi[sunting | sunting sumber]

[2]

  1. ^ "Apa itu KVM? - Penjelasan Mesin Virtual Berbasis Kernel - AWS". Amazon Web Services, Inc. Diakses tanggal 2024-02-20. 
  2. ^ "What is KVM?". www.redhat.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-20. 

[1]

  1. ^ "Kernel-based Virtual Machine". www.ibm.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-23.