Merino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Full wool Merino sheep

Merino adalah salah satu ras domba yang paling relevan secara historis dan berpengaruh secara ekonomi, sangat dihargai karena bulunya. Asal-usul trah ini menjadi bahan perdebatan, dengan alternatifnya yang berasal dari kawanan yang dipindahkan dari Maroko pada awal abad ke-12, berasal dan diperbaiki di Extremadura di Spanyol barat daya, pada abad ke-12 dan ke-13 atau dari perkawinan silang selektif dari Domba betina Spanyol dengan domba jantan impor pada beberapa periode berbeda. Itu berperan penting dalam perkembangan ekonomi Spanyol abad ke-15 dan ke-16, yang pada awalnya memegang monopoli perdagangan wolnya. Sejak akhir abad ke-18, trah ini disempurnakan lebih lanjut di Selandia Baru dan Australia, menghasilkan Merino modern.

Saat ini, Merino masih dianggap memiliki wol terbaik dan terlembut dari semua domba. Poll Merino tidak memiliki tanduk (atau rintisan yang sangat kecil, dikenal sebagai scurs), dan domba Merino bertanduk memiliki tanduk spiral yang panjang yang tumbuh dekat dengan kepala.[1]

Referesi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Merino wool". Oviedo, Florida: NuMei. Diakses tanggal 27 November 2015. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Cottle, D.J. (1991). Australian Sheep and Wool Handbook. Melbourne, Australia: Inkata Press. hlm. 20–23. ISBN 0-909605-60-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]