Merck Index

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Terbitan pertama, bertajuk Merck's Index

The Merck Index adalah sebuah ensiklopedia zat-zat kimia, obat-obatan dan biomolekul dengan lebih dari 10.000 monograf mengenai zat tunggal atau kelompok senyawa terkait[1] yang diterbitkan secara daring oleh Royal Society of Chemistry.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama Merck Index diterbitkan pada tahun 1889 oleh perusahaan kimia asal Jerman, Emanuel Merck dan terutama digunakan sebagai katalog penjualan untuk daftar bahan kimia Merck yang terus bertambah jumlah produk yang dijual.[2] Anak perusahaan ini di Amerika didirikan dua tahun kemudian dan terus menerbitkan katalog ini. Selama Perang Dunia I, pemerintah Amerika Serikat melarang operasional Merck di negara tersebut dan menjadikannya perusahaan "Merck" Amerika terpisah yang terus menerbitkan Merck Index.

Pada tahun 2012, Merck Index dilisensikan pada Royal Society of Chemistry.[3] Versi daring Merck Index, termasuk catatan bersejarah dan pembaruan yang tidak ada dalam edisi cetak,[1] umumnya tersedia melalui perpustakaan penelitian. Versi daring ini juga mencakup lampiran dengan monograf tentang reaksi nama organik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Database Introduction". RSC.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 April 2018. 
  2. ^ a b "The Merck Index, an Encyclopedia of Chemicals and Natural Products". ACSCINF.org (dalam bahasa Inggris). ACS Division of Chemical Information (CINF). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-16. Diakses tanggal 15 April 2018. 
  3. ^ RSC acquires Merck Index (dalam bahasa Inggris). Siaran pers. Diakses pada 7 Januari 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]