Mendung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Langit mendung di Mehamn, Norwegia

Mendung atau mendung cuaca, berdasarkan definisi dari Organisasi Meteorologi Dunia, adalah kondisi cuaca dimana awan menutupi setidaknya 95% dari langit. [1] Tutupan awan total tidak bisa dimasukkan dalam kategori mendung karena fenomena ini juga bisa terjadi dalam suasana berkabut. [2]

Awan mendung bisa saja berawarna putih atau hitam, tapi kata mendung biasanya mengacu pada awan yang gelap. [3] Dalam beberapa kasus, kita tidak bisa melihat garis awan sama sekali karena seluruh area langit tertutup oleh satu jenis awan, misalnya stratus. Dalam hal ini seluruh langit akan terlihat putih kusam.

Lama durasi cuaca mendung bisa berkisar antara beberapa jam sampai berhari-hari. Cuaca mendung dapat mempengaruhi orang-orang yang menderita kelainan afektif musiman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aerodrome Weather Report" (PDF). World Meteorological Organization. Diarsipkan dari versi asli (pdf) tanggal 24 February 2012. Diakses tanggal 30 August 2016. 
  2. ^ "Overcast". American Meteorological Society. Diakses tanggal 30 August 2016. 
  3. ^ Oxford English Dictionary, 3rd ed. (website), s.v. “overcast," 2a and 2b. http://www.oed.com/view/Entry/134377#eid32922408 (Accessed September 7, 2016).