Mendeley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mendeley
Mendeley Logo Vertical.png
Perancang awalMendeley Ltd.
PengembangElsevier
Rilis perdanaAgustus 2008 (2008-08)
Rilis stabil
1.16.1 / 2016
Sistem operasiLintas platform
Tersedia dalamInggris
JenisPerangkat lunak manajemen referensi, perangkat lunak sosial untuk penelitian akademik
LisensiBerhak milik
Situs webMendeley

Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian,[1] mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti.[2][3][4]

Pengguna Mendeley perlu menyimpan semua data sitiran dasar di servernya. Pengguna memiliki hak untuk menyimpan salinan dokumen di server Mendeley. Setelah mendaftar, Mendeley menyediakan ruang penyimpanan gratis di web bagi pengguna sebesar 2 GB.

Mendeley juga adalah sebuah academic social network, dengan demikian pengguna bisa saling berbagi dengan rekan sesama mahasiswa atau peneliti lainnya di penjuru dunia terkait dengan referensi yang digunakan. Pengguna juga dapat mencari berbagai penelitian terbaru untuk selanjutnya dapat dijadikan referensi dalam karya ilmiah. Bahkan, pengguna juga bisa menggunakan fasilitas Web Importer di dalam Mendeley, agar dapat mengimpor berbagai macam referensi dari berbagai situs indexing karya ilmiah terkemuka (misalnya Google Scholar) secara otomatis.

Pengguna dapat menggunakan Mendeley sebagai sebuah aplikasi desktop yang terinstal secara offline di komputer. Aplikasi tersebut, sering disebut sebagai Mendeley Desktop. Selain itu, pengelolaan menggunakan Mendeley juga dapat dilakukan secara online (Mendeley Web), setelah terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun.

Mendeley Desktop[sunting | sunting sumber]

Beberapa hal yang dapat dilakukan pada Mendeley Desktop:

  • Melakukan ekstraksi informasi detail (nama penulis, judul, nama judul, dan lain-lain) dari setiap referensi yang ditambahkan ke dalam Mendeley.
  • Mencari referensi dengan cepat berdasarkan kata kunci pencarian tertentu. Dengan catatan, setiap referensi sudah pernah ditambahkan ke dalam Mendeley milik pengguna. Jika belum, maka pencarian dapat dilakukan secara online, dengan catatan ada koneksi internet di komputer.
  • Membuat catatan tambahan (note) atau menandai (tag) setiap dokumen referensi yang pengguna miliki.
  • Membuat Daftar Pustaka secara otomatis berdasarkan berbagai format, misalnya APA, Harvard, IEEE, dan lainnya.
  • Melakukan pengacuan secara otomatis ketika menulis karya ilmiah di Microsoft Word.

Mendeley Web[sunting | sunting sumber]

Beberapa hal yang dapat pengguna lakukan pada Mendeley Web:

  • Menjadi online back-up bagi library pengguna. Dengan demikian, memungkinkan untuk mengakses informasi detail referensi yang pengguna miliki, dari manapun pengguna berada.
  • Mengetahui informasi statistik (misalnya popularitas) suatu referensi.
  • Mengetahui frekuensi suatu file referensi online diunduh, dibaca orang, di mana lokasinya, dan lain-lain.
  • Mencari referensi-referensi ilmiah lainnya yang terkait dengan referensi yang pengguna miliki, tetapi belum ada di dalam library pengguna.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jason Fitzpatrick (2009-08-17). "Mendeley Manages Your Documents on Your Desktop and in the Cloud". Diakses tanggal 2009-08-17. 
  2. ^ Hull, D.; Pettifer, S.; Kell, D. (Oct 2008). McEntyre, Johanna, ed. "Defrosting the digital library: bibliographic tools for the next generation web". PLOS Computational Biology. 4 (10): e1000204. doi:10.1371/journal.pcbi.1000204. ISSN 1553-734X. PMC 2568856alt=Dapat diakses gratis. PMID 18974831.  publikasi akses terbuka - bebas untuk dibuka
  3. ^ Henning, V.; Reichelt, J. (2008). "Mendeley - A Last.fm For Research?". 2008 IEEE Fourth International Conference on eScience. 7 (12): 327–328. doi:10.1109/eScience.2008.128. ISBN 978-1-4244-3380-3. 
  4. ^ BBC (2009-10-26). "Science enters the age of Web 2.0". BBC News. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Perangkat lunak manajemen referensi