Menara es fumarol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menara es fumarol di Gunung Erebus, Antarktika

Menara es fumarol atau cerobong es fumarol adalah menara es yang dihasilkan oleh fumarol dari aktivitas gunung berapi di lingkungan yang suhu lingkungannya di bawah titik beku air. Menara es ini sering dilatarbelakangi oleh keberadaan gua es besar.

Gunung Erebus, gunung berapi aktif yang terletak paling selatan di dunia, adalah salah satu penghasil menara es ini. Suhu sekitar di lokasinya selalu jauh di bawah titik beku air, dan pelepasan gas karbon dioksida yang menyebar melalui tanah hangat yang mengepul di sekitar sisinya menyebabkan es mencair terlebih dahulu, kemudian menguap, dan kemudian menumpuk menjadi menara seperti cerobong asap.[1]

Gunung Berlin adalah gunung vulkanik Antarktika lain yang menghasilkan menara semacam ini.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wardell, L.J.; Kyle, P.R.; Campbell, A.R. (2003). "Carbon dioxide emissions from fumarolic ice towers, Mount Erbus volcano, Antarctica". Dalam Oppenheimer, C.; Pyle, D.M.; Barclay, J. Volcanic Degassing. Geological Society of London. hlm. 231. ISBN 978-1-86239-136-9. 
  2. ^ D. W. H. Walton (28 March 2013). Antarctica: Global Science from a Frozen Continent. Cambridge University Press. hlm. 61. ISBN 978-1-107-00392-7.