Memutar botol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permainan memutar botol

Memutar botol adalah permainan pesta yang pada umumnya dimainkan oleh remaja. Permainan ini sangat populer di kalangan remaja pada paruh kedua abad ke-20 karena mendorong interaksi "seksual" antara anak laki-laki dan perempuan. Di Amerika Serikat, memutar botol dikatakan sebagai "permainan pesta pilihan bagi siswa sekolah menengah yang sangat bersemangat".

Meskipun permainan ini masih dimainkan oleh kalangan remaja atau menjelang dewasa, popularitasnya telah menurun sejak tahun 1980-an.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini dimainkan oleh beberapa pemain yang duduk, berdiri, atau berlutut membentuk lingkaran. Sebuah botol (biasanya botol soda atau botol bir kosong) diletakkan di lantai di tengah lingkaran. Seorang pemain memutar botol, dan harus mencium orang yang ditunjuk oleh ujung botol tersebut ketika botol berhenti berputar. Cara lainnya, orang yang ditunjuk oleh ujung botol harus mencium orang yang ditunjuk oleh pangkal botol.

Variannya sangat banyak. Salah satu variannya adalah, dua pemain harus berpelukan dalam waktu lima detik, jika tidak, mereka harus berciuman dalam 10 detik, dan jika waktu 10 detik sudah habis dan mereka belum berciuman, maka mereka harus melakukan ciuman lidah. Variasi lainnya juga bisa berupa hukuman, misalnya melepas pakaian atau melakukan tantangan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Catatan tertulis tentang permainan memutar botol sudah ada sejak tahun 1920-an, meskipun catatan awal tidak menyebutkan tentang adanya ciuman. Catatan tertulis tentang permainan serupa, yang disebut Bottle of Fortune, telah ada sejak tahun 1927.[1][2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clara B. Stoddard (1925). "A Program of Speech Education for the Elementary Grades." The Quarterly Journal of Speech Education (11.2). hlm. 164–169. 
  2. ^ The Playground. 16. Executive Committee of the Playground Association of America. 1922. hlm. 231.