Meirina Diah Setyowati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Meirina Diah Setyowati adalah atlet senam Indonesia dari Jakarta. Meirina, atau yang kerap dipanggil Mini, mulai menggemari senam semenjak duduk di TK nol besar. Mini kemudian mengikuti klub Diana di Senayan, Jakarta sebelum akhirnya pindah ke Klub Aditia. Dibawah asuhan dan didikan T.J. Purba dari Klub Persani Jaya bakat senam Mini mulai terasah dan berkembang. Mini mengikuti kejuaraan pertamanya pada tahun 1980, yakni Kejuaraan Antarklub se-Jawa Barat dimana ia mendapat juara yunior perorangan untuk kategori senam lantai. Mini mulai didapuk untuk mengikuti PON X di Jakarta pada tahun 1981 dan berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu perak. Pencapaian Mini yang mengesankan lainnya datang saat dia bertanding di Kejuaraan Pelajar ASEAN I di Singapura pada tahun 1981.

Pertandingan ini merupakan perhelatan perdana Mini di kancah internasional dan Mini berhasil meraih empat medali emas dalam kategori:

  1. senam lantai perorangan,
  2. balok titian,
  3. kuda-kuda lompat,
  4. dan serba bisa.

Melalui penghargaan ini Mini dinobatkan oleh The New Straits Times sebagai 'Ratu Senam Cilik'. Pencapaian Mini dalam bidang senam kembali ditunjukkan di Kejuaraan ASEAN II pada tahun 1982 yang bertempat di Jakarta dimana ia meraih tiga medali emas dan satu perak. Pada tahun 1984 Mini kembali merayakan kemenangan dengan dua medali emas, dua perunggu, dan dua perak pada Pesta Sukan Singapura. Meski memiliki segudang prestasi baik di kancah internasional maupun lokal, saingan terberat Mini dalam pertandingan Internasional adalah atlet-atlet dari Republik Rakyat Cina, Jepang, dan Korea Selatan.

Mini bersama pesenam putri lain menduduki peringkat ke lima untuk beregu putri setelah Cina, Jepang, Koera Utara dan Korea Selatan di Asian Games 1982 di India. Orang-orang disekitar Mini, termasuk pelatihnya, T.J.Purba mengakui bahwa Meirina memiliki kemauan keras dan keyakinan diri yang kuat. Jadwal latihan yang ketat yang biasa dilakukan pada saat pulang sekolah mendorong Mini untuk meraih segudang prestasi seperti 4 medali emas pada PON XI pada tahun 1985 dan Asian Games X pada tahun 1986. Mini dinobatkan sebagai Atlet Terbaik pada tahun 1981 dan 1982 oleh SIWO/PWI Jaya.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ APA & SIAPA sejumlah orang Indonesia 1985-1986. Tempo (Jakarta, Indonésie) (edisi ke-Cet. 1). Jakarta: Grafiti Pers. 1986. ISBN 979-444-006-X. OCLC 37095471.