Mega (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mega
AsalJohor, Malaysia
GenreRock/Slow Rock
PekerjaanPenyanyi/Pemusik
InstrumenVokal/Band
Tahun aktif1988–2001
2015 (reunion)
LabelJOJO's Production Sdn. Bhd.
BMG Music
Music Valley Sdn. Bhd.
Nova Music Sdn. Bhd.
Artis terkaitM. Nasir
Rahim Othman
Zarith Mega
Rahmad Mega
Gerimis
AnggotaZarith
Adie
Sam
Mat Mega
Munir
Mantan anggotaRahmad
Lomaq
Joey
Reyno

Grup Mega merupakan sebuah grup rock yang pernah aktif di Malaysia pada akhir dekade 80-an hingga pertengahan dekade 90-an. Kumpulan ini menyampaikan lagu-lagu rock Melayu.

Pada tahun 2020, kumpulan Mega telah bergabung lagi dengan line-up awal ketika bertanding di final Juara Lagu 1990 yaitu Zarith (vokal), Adie (1st lead), Sam (2nd lead), Mat Mega (bass) dan Munir (dram).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan di Johor sekitar tahun 1988, MEGA telah beberapa kali tampil bersama grup Pencarian, antara lain di Dewan Jubli Intan Johor Bahru pada 7 dan 8 Oktober 1988, Dewan Jubli Intan Kluang pada 10 Oktober 1988 dan Konser Pencarian Fenomenal di Stadium Negara, Kuala Lumpur pada 3 Desember 1988. Mereka kemudian ditawari menjadi artis pertama Jojo's Production Sdn. Bhd.

Kemunculan MEGA sebagai artis rekaman di tengah hangatnya irama rock merajai belantika musik Tanah Air sezaman dengan Fotograf, XPDC, Ekamatra, Gamma dan Ariwatan. Mereka memiliki kesempatan untuk menghasilkan lima album penuh dan menikmati popularitas sebelum bungkam selama beberapa tahun setelah runtuhnya pasar musik Malaysia di akhir tahun 90-an.

Pertengahan 2000-an menjadi musim reuni di mana band-band rock dari tahun 80-an dan 90-an kembali aktif di industri musik. Para vokalis yang sudah bersolo karier berlomba untuk 'kembali ke pangkuan' grup asalnya masing-masing, antara lain Amy dan Search, Awie dan Wings, Mus dan May serta Nash dan Lefthanded. Giliran Mega tiba di tahun 2007 dimana Mega berkesempatan tampil bersama mantan vokalis mereka Rahmad dan Zarith dalam rangkaian penampilan 'live' di pusat hiburan Planet Hollywood. 'Showcase' memasangkan Mega dengan sekelompok Fotograf.

Anggota grup[sunting | sunting sumber]

Mega 1988 :

  1. Zarith - vokal
  2. Adie - 1st lead
  3. Sam - 2nd lead
  4. Lomaq - bass
  5. Joey - dram

Mega 1989 (album MEGA) :

  1. Zarith - vokal
  2. Adie - 1st lead
  3. Sam - 2nd lead
  4. Mat Mega - bass
  5. Joey - dram

Mega 1990 (AJL '90) :

  1. Zarith - vokal
  2. Adie - 1st lead
  3. Sam - 2nd lead
  4. Mat Mega - bass
  5. Munir - dram

thumb|Line-up Mega bermula dari album kedua. Dari kiri Mat Mega, Sam, Rahmad, Munir dan Adie (depan).

Mega 1991-1995 :

  1. Rahmad - vokal
  2. Adie - 1st lead
  3. Sam - 2nd lead
  4. Mat Mega - bass
  5. Munir - dram

Mega 1996 (album Megalomania) :

  1. Rahmad - vokal
  2. Sam - gitar utama
  3. Mat Mega - bass
  4. Munir - dram

Mega 2001 (album Potret) :

  1. Rahmad - vokal
  2. Boy - gitar utama
  3. Jai - bass
  4. Amy - dram

Mega 2015 :

  1. Reyno - vokal
  2. Adie - 1st lead
  3. Sam - 2nd lead
  4. Lomaq - bass
  5. Joey - dram

Mega 2020 :

  1. Zarith - vokal
  2. Adie - 1st lead
  3. Sam - 2nd lead
  4. Mat Mega - bass
  5. Munir - dram

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

  • Terbaik Mega (2000)

Anugerah/Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Carta pujaan 10 Radio 1 Malaysia (kini Radio Klasik)
Tahun Judul Posisi
(10 Mei - 20 Jun) 1993 Bayangan Gurauan 1

Mega sudah dua kali mengikuti final Anugerah Juara Lagu yaitu pada tahun 1990 dengan lagu Sekuntum Bunga Sakura Di Gurun Sahara (saat bersama Zarith) dan pada tahun 1991 dengan lagu Takdir Dan Waktu (saat bersama Rahmad). Lagu Takdir dan Waktu meraih sukses besar di AJL 1991 sebagai Lagu Terbaik (Juara Umum).

Pada tahun 1993 lagu Bayangan Gurauan memenangkan kategori Lagu Terpopuler Pujaan 10 kategori artis grup Nescafe. Mega juga memenangkan kategori Best Group Performance.

Music Industry Awards (AIM) edisi pertama tahun 1993 juga mencatatkan Mega melalui album Rentak Kaki Lima dalam kategori Best Vocal Performance in an Album (Group). Namun kategori tersebut dimenangkan oleh grup Iklim melalui album Dunia Iklim.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Rahmad kini aktif bernyanyi solo dan telah menghasilkan mini album berjudul Hujan pada tahun 2014.
  • Dua komposer tanah air terkenal Saari Amri dan LY mulai membuat nama untuk diri mereka sendiri setelah menyumbangkan lagu-lagu hit ke grup Mega. Saari dengan lagu Pasti dan LY dengan lagu Bayangan Gurauan.
  • Lagu Bayangan Gurauan berganti nama menjadi Gadis Misteri untuk pasar Indonesia dan diterima dengan baik oleh para penggemar musik di sana.
  • Mega merupakan salah satu dari tiga grup rock yang beberapa kali mengikuti Anugerah Juara Lagu dengan vokalis yang berbeda selain Wings dan Exists. Mereka pertama kali mengikuti final Juara Lagu pada tahun 1990 dengan lagu Sekuntum Bunga Sakura Di Gurun Sahara, saat bersama Zarith. Mereka bergabung dengan AJL untuk kedua kalinya pada tahun berikutnya (1991) dengan lagu Takdir Dan Waktu dimana vokalisnya saat itu adalah Rahmad.
  • Pada tahun 2007, Rahmad akhirnya dipertemukan kembali dengan vokalis asli Mega, Zarith, setelah 16 tahun Zarith keluar dari grup. Saat itu, Mega menggelar live concert di Planet Hollywood bersama grup Fotograf

Rujukan[sunting | sunting sumber]