Media DMEM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fetal Bovine Serum salah satu bahan dasar media DMEM

Media DMEM (Dulbecco’s modified eagle medium) merupakan medium basal yang terdiri dari vitamin, asam amino, garam, glukosa, dan pH indikator.[1] Namun, media ini tidak mengandung protein atau agen penumbuh.[1] Media ini membutuhkan suplementasi untuk menjadi medium yang lengkap.[1] Umumnya media ini disuplementasi dengan 5-10% Fetal Bovine Serum (FBS).[1] Selain itu, DMEM juga membentuk sistem buffer sodium bicarbonate (3.7 g/L) dan tentunya membutuhkan tingkat karbon dioksida buatan untuk membuat pH tetap pada kisaran yang diinginkan.[2] 7-10% CO2 merupakan tingkat yang optimal tetapi banyak peneliti yang sukses menggunakan nya hanya pada level CO2 sebesar 5%.[2] Permasalahan yang paling sering ditemui adalah peningkatan pH karena rendahnya kadar CO2. DMEM mengandalkan kemampuan dari sistem buffer bikarbonat (HCO3-), berikut sistem kesetimbangan buffer yang terbentuk.

CO2 + H2O ⇌ H2CO3 ⇌ H+ + HCO3-

Semakin rendah gas CO2 maka pH akan semakin naik, sedangkan apabila CO2 tinggi maka akan tercipta suasana yang lebih asam.

[2] Saat terekspos pada tingkatan ambient dari CO2, sodium bicarbonate akan membuat DMEM menjadi basa secara cepat.[2] Inilah yang merupakan alasan kenapa kita umum mengamati media yang berwarna ungu yaitu mengindikasikan peningkatan dari pH.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) [Sigma Aldrich]. 2009. DMEM. [terhubung berkala]. http://www.sigmaaldrich.com/life-science/cell-culture/classical-media-salts/dmem.html [6 Nov 2009].
  2. ^ a b c d e (Inggris) Invitrogen. 2009. DMEM dulbecco’s modified eagle media. [terhubung berkala]. http://tools.invitrogen.com/content/sfs/productnotes/F_DMEM%20-RD-MKT-TL-HL050602.pdf Diarsipkan 2011-10-27 di Wayback Machine. [13 Nov 2009].
 3. pengertian Sodium bicarbonate Diarsipkan 2012-04-18 di Wayback Machine.