Meänmaa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta yang menggambarkan wilayah Meänmaa di Swedia dan Finlandia utara.

Meänmaa atau Lembah Torne (bahasa Finlandia: Tornionlaakso, bahasa Swedia: Tornedalen dialek Meänkieli: Meänmaa) adalah sebuah wilayah yang terletak di daerah perbatasan Swedia dengan Finlandia. Wilayah ini dinamai dari Sungai Torne yang mengalir melewati lembah ini dan bermuara di Teluk Bothnia. Secara geografis, kota dan munisipalitas yang menjadi bagian dari wilayah ini adalah Haparanda, Övertorneå, Pajala dan Kiruna di Swedia, dan Tornio, Ylitornio, Pello, Kolari, Muonio dan Enontekiö di Finlandia. Secara budaya, munisipalitas Gällivare di Swedia juga dianggap sebagai bagian dari Meänmaa karena banyaknya warga yang menuturkan bahasa Meänkieli di tempat itu.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Di sisi Swedia, bahasa Finlandia merupakan bahasa yang dituturkan oleh mayoritas warga hingga abad ke-20. Hal ini dapat terlihat dari nama desa-desa yang berbahasa Finlandia. Namun, jumlah penutur bahasa Finlandia telah menurun drastis akibat pengaruh Swedia dan kewajiban penggunaan bahasa Swedia sebagai bahasa pengantar di sekolah. Generasi muda saat ini sebagian besar menuturkan bahasa Swedia sebagai bahasa ibu.

Dialek lokal Finlandia yang disebut Meänkieli saat ini telah diakui sebagai bahasa minoritas di Swedia.[1] Mereka yang menuturkan dialek ini disebut orang Tornedalia, walaupun istilah ini juga dapat mengacu kepada orang-orang di wilayah Meänmaa yang tidak menuturkan bahasa Meänkieli.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sveriges Riksdag (1999-12-09). "Lag (1999:1176) om rätt att använda finska och meänkieli hos förvaltningsmyndigheter och domstolar" (dalam bahasa Swedia). Diakses tanggal 2008-03-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 66°30′N 23°45′E / 66.500°N 23.750°E / 66.500; 23.750