Max Robinson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Max Robinson
Lahir 1 Mei 1939
Richmond, Virginia, Amerika Serikat
Meninggal 20 Desember 1988 (umur 49)
Washington, D.C., Amerika Serikat
Pendidikan Universitas Indiana
Oberlin College
Universitas Virginia Union
Pekerjaan Wartawan

Max Robinson (lahir di Richmond, Virginia, 1 Mei 1939 – meninggal di Washington, D.C., 20 Desember 1988 pada umur 49 tahun) adalah wartawan televisi yang dikenal sebagai pembawa berita kulit hitam pertama di Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai salah seorang jangkar berita World News Tonight dari ABC News yang meninggal karena AIDS. Pendiri Asosiasi Jurnalis Hitam Nasional.

Karier[sunting | sunting sumber]

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Robinson dilahirkan dari pasangan Maxie dan Doris Robinson di Richmond, Virginia. Setelah lulus dari Oberlin College, ia berdinas di Angkatan Udara Amerika Serikat, dan ditempatkan di Sekolah Bahasa Rusia, Universitas Indiana sebelum dibebastugaskan dengan alasan kesehatan. Karier di bidang penyiaran dimulainya di radio WSSV-AM, Petersburg, Virginia dengan nama alias Max The Player sebelum pindah ke radio WANT-AM di Richmond.

Awal karier televisi[sunting | sunting sumber]

Robinson memulai kariernya sebagai penyiar televisi pada tahun 1959 setelah diterima di WTOV-TV, Portsmouth, Virginia. Robinson kemudian pindah ke WRC-TV di Washington, D.C.. Selama tiga tahun berkarier di WRC-TV, ia memenangi enam penghargaan jurnalisme untuk liputannya mengenai hak-hak sipil seperti kerusuhan terjadi setelah Dr. Martin Luther King, Jr dibunuh.

Pada tahun 1969, Robinson bergabung dengan tim Eyewitness News di WTOP-TV (sekarang WUSA-TV) di Washington, D.C.. Ia dipasangkan dengan pembawa berita Gordon Peterson.

Pembawa berita ABC News[sunting | sunting sumber]

Setelah melihat penampilan Robinson 60 Minutes, Roone Arledge merekrutnya pada tahun 1978 untuk menjadi pembawa berita ABC World News Tonight. Robinson ditempatkan sebagai jangkar berita di Chicago hingga meninggalnya Frank Reynolds pada tahun 1983. ABC memanggil pulang Peter Jennings dari London, dan menjadikannya pembawa berita tunggal World News Tonight.

Kariernya di ABC diwarnai konflik antara dirinya dan manajemen ABC News soal perbedaan sudut pandang dan penggambaran orang Afrika-Amerika dalam berita. Bersama Bob Strickland, Robinson mendirikan program pelatihan jurnalisme penyiaran bagi wartawan muda berkulit hitam.[1] Setelah tidak bersama ABC News, Robinson bekerja untuk WMAQ-TV Chicago dari tahun 1984 hingga 1985.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Robinson diketahui mengidap AIDS ketika dirawat di rumah sakit karena pneumonia, namun ia tetap merahasiakannya. Ia menyampaikan pidato di Sekolah Komunikasi Universitas Howard, Washington D.C. pada musim gugur 1988 ketika sakitnya sudah semakin parah. Robinson meninggal dunia karena komplikasi AIDS pada 20 Desember 1988. Ia menyangkal sebagai gay atau biseksual.[2]Upacara pemakamannya dipimpin oleh Pendeta Jesse Jackson. Robinson menikah tiga kali dan memiliki empat orang anak. Randall Robinson adalah adik kandungnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sullivan, Patricia (4 Oktober 2008). "TV Reporter Bob Strickland; Covered Barry Arrest, Riots". hlm. B6. Diakses 6 Oktober 2008. 
  2. ^ Aaron Freeman (Juni 1990). "The Last Days of Max Robinson". Chicago Magazine. Diakses 8 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]