Matras jatuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Matras jatuh atau matras daki adalah bantalan busa yang digunakan untuk perlindungan saat panjat dinding . Matras jatuh membantu mencegah pendaki melukai dirinya sendiri saat terjatuh dari ketinggian yang pendek.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Matras jatuh dibuat dalam berbagai ukuran dan model. Yang paling umum adalah kasur "lipat ganda", berukuran sekitar 8–10 sentimeter (3–4 in) tebal dan sekitar 1 x 12 meter (3 x 40 ft) dalam ukuran, yang dapat dilipat menjadi dua untuk memudahkan transportasi. Ada juga alas lipat dua dengan ukuran lain dan alas lipat tiga yang dapat dilipat menjadi tiga (yang cenderung lebih besar). Alas yang lebih kecil dan tipis juga digunakan untuk menjaga kebersihan sepatu, untuk diduduki saat duduk dimulai, atau untuk menutupi celah di antara alas yang lebih besar.

Matras jatuh sering kali mengandung dua atau tiga jenis busa yang berbeda. Busa yang lebih lembut di bawah busa yang lebih kencang dan berdensitas lebih tinggi mencegah kaki pemanjat tenggelam melalui busa dan membentur tanah atau tersangkut di matras, yang akan meningkatkan kemungkinan cedera. Matras jatuh sering digunakan untuk menutupi bagian tanah yang berbahaya di bawah pendakian, seperti batu yang menonjol atau jumbai rumput. Biasanya matras dipasangkan dengan satu atau dua pengadu, yang mencoba memastikan bahwa pemanjat yang jatuh mendarat di matras dan melakukannya dengan aman.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]