Mate Boban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mate Boban (lahir di Sovići, Grude, Herzegovina, 12 Februari 1940 – meninggal di Mostar, Bosnia-Herzegovina, 7 Juli 1997 pada umur 57 tahun)[1][2] adalah politisi Kroasia Bosnia, pendiri dan mantan pemimpin partai Uni Demokrasi Kroasia di Bosnia-Herzegovina (hrvatska demokratska zajednica Bosne i Hercegovine, HDZ-BiH).[2]. Boban adalah pendiri dan mantan Presiden Republik Kroasia Herzeg-Bosnia yang didukung secara militer oleh Republik Kroasia.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Mate Boban lahir pada tahun 1940 di Sovići, sebuah desa di dekat Grude, di sebelah barat Herzegovina. Sejak tahun 1958, ia sudah menjadi anggota Liga Komunis Yugoslavia.[3] Pada tahun 1966, Boban menjadi Direktur di Napredak, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan di Imotski.[3] Pada saat itu ia masih menjadi anggota partai komunis. Kemudian, Boban bekerja di sebuah pabrik tembakau di Zagreb.

Pada musim panas tahun 1990, Boban mengalami tranformasi politik, dari seorang komunis menjadi nasionalis Kroasia. Pada tahun 1991, partai yang berkuasa di Republik Kroasia pada waktu itu, bernama Uni Demokrasi Kroasia (Hrvatska demokratska zajednica, atau HDZ) mengatur dan mengendalikan cabang partai mereka di Boznia-Herzegovina, yaitu Uni Demokrasi Kroasia di Bosnia-Herzegovina (Hrvatska demokratska zajednica Bosne i Hercegovie, atau HDZ-BiH). Pada bulan November 1991, HDZ-BiH dipimpin oleh golongan-golongan ekstrim di bawah kepemimpinan Mate Boban, Dario Kordić dan lain-lain, yang didukung oleh Presiden Kroasia Franjo Tuđman dan Menteri Pertahanan Kroasia, Gojko Šušak. Boban akhirnya terpilih untuk duduk mewakili partainya di parlemen Bosnia-Herzegovina dan menjadi Ketua partai HDZ, menggantikan ketua sebelumnya, Stjepan Kljuić, yang kehilangan dukungan dari Franjo Tuđman.[2]

Presiden Kroasia Herzeg-Bosnia[sunting | sunting sumber]

Seiring dengan jatuhnya negara komunis Yugoslavia pada saat itu, muncul sebuah dorongan untuk menyatukan seluruh komunitas Kroasia yang berada di luar Republik Kroasia yang baru dideklarasikan, dengan Republik Kroasia itu sendiri. Hal ini diawali dengan pembentukan otonomi Kroasia Bosnia, diikuti pembentukan negara Kroasia Besar (Velika Hrvatska) merdeka dan berdaulat, dengan populasi yang berdekatan. Pada tahun 1992, Tuđman menugaskan Boban untuk mendirikan enklave Kroasia independen di Bosnia.[3]

Pada tanggal 18 November 1991, Boban mendeklarasikan berdirinya Komunitas Kroasia Herzeg-Bosnia sebagai entitas yang terpisah, baik secara teritorial, politik, kultur, dan ekonomi, di dalam teritorial Bosnia-Herzegovina. Dengan dukungan militer dan ekonomi dari Zagreb, Boban mengawasi pendirian enklave tersebut, dan memimpin kampanye pemindahan orang-orang Muslim dan Serbia dari teritorial enklave tersebut.[3]

Pada akhir tahun 1992, ketegangan antara Kroasia dan Bosnia meningkat, dan memuncak pada awal tahun 1993 dengan pecahnya Perang Kroasia-Bosnia. Sebagian besar pertempuran-pertempuran terjadi di bagian tengah Bosnia, khususnya di Lembah Lašva. Pada akhir Juli 1993, mediator dari PBB menawarkan proposal yang disebut Rencana Owen-Stoltenberg (diambil dari nama Thorvald Stoltenberg dan David Owen) yang akan menjadikan Bosnia dan Herzegovina sebagai negara kesatuan yang terbentuk dari tiga republik etnis. Pada tanggal 28 Agustus, sesuai dengan proposal Owen-Stoltenberg, Republik Kroasia Herzeg-Bosnia diproklamasikan di Grude sebagai "Republik Kroasia di Bosnia dan Herzegovina". Namun, pemerintah Bosnia tidak mengakuinya.

Pada bulan Februari 1994, Boban mengundurkan diri dari jabatan Presiden Kroasia Herzeg-Bosnia, digantikan oleh Krešimir Zubak. Pada bulan Maret 1994 ditandatangani Perjanjian Washington, yang mengakhiri pertikaian antara Kroasia dan Bosnia. Di bawah tekanan dunia internasional, Boban mengumumkan pengunduran dirinya dari politik. Posisinya sebagai ketua partai HDZ BiH digantikan oleh Dario Kordić.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Israeli, Raphael; Benabou, Albert (2013). Savagery in the Heart of Europe: The Bosnian War (1992-1995) Context, Perspectives, Personal Experiences, and Memoirs. Strategic Book Publishing and Rights Co. hlm. 62. ISBN 978-1-62857-015-1. 
  2. ^ a b c Roszkowski, Wojciech; Kofman, Jan (2015). Biographical Dictionary of Central and Eastern Europe in the Twentieth Century. Routledge. hlm. 1800. ISBN 978-0-7656-1027-0. 
  3. ^ a b c d Bartrop, Paul R. A Biographical Encyclopedia of Contemporary Genocide: Portraits of Evil and Good. ABC-CLIO. hlm. 43. 

Prana luar[sunting | sunting sumber]