Jadranko Prlić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jadranko Prlić,

Jadranko Prlić (lahir di Đakovo, Republik Kroasia, 10 Juni 1959; umur 59 tahun) adalah mantan jurnalis dan politikus Kroasia, dosen dan professor bidang ekonomi, mantan Wakil Presiden Republik Bosnia-Herzegovina, Presiden ad interim Republik Bosnia-Herzegovina, Kepala Departemen Keuangan Dewan Pertahanan Kroasia (Croatian Defence Council, HVO), dan Presiden badan eksekutif, administratif dan militer HVO.

Pada bulan Agustus 1993 Prlić menjadi Perdana Menteri Komunitas Kroasia Herzeg-Bosnia, kemudian Wakil Presiden dan Menteri Pertahanan Republik Bosnia-Herzegovina. Dari Juni 1994 sampai Januari 1996, ia menjabat Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Republik Bosnia-Herzegovina, dan dari Januari 1996 sampai Februari 2001 menjadi Menteri Luar Negeri Kroasia Herzeg-Bosnia.

Pada tahun 2013, Prlić dijatuhi vonis penjara 25 tahun oleh Pengadilan Pidana Internasional untuk Bekas Yugoslavia (ICTY) dalam kasus Prlić et al.[1], karena dinilai telah melakukan kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan terhadap populasi Muslim Bosnia selama berlangsungnya Perang Kroasia-Bosnia antara tahun 1992-1995. Atas putusan tersebut, Prlić mengajukan banding. Pada tahun 2017, sidang banding kasus Prlić dilaksanakan di Den Haag, Belanda.

Karier[sunting | sunting sumber]

Jadranko Prlić lahir pada tanggal 10 Juni 1959, di kota Đakovo, Republik Kroasia. Pada tahun 1975, ia bergabung dengan Liga Komunis Yugoslavia bersama teman-temannya, sesama pelajar di sekolah menengah pertama di Bosnia-Herzegovina.[2] Diakui sebagai pelajar paling cerdas di Boznia-Herzegovina,[2] ia ditunjuk sebagai anggota berbagai organisasi publik di kota Mostar, Boznia-Herzegovina maupun Yugoslavia. Prlić juga bekerja sebagai jurnalis ketika masih menjadi pelajar. Setelah menyelesaikan studi di universitas, ia bekerja sebagai editor untuk sebuah stasiun radio di Mostar. Pada tahun 1986, ia ditunjuk sebagai Sekretaris di Aliansi Sosialis Masyarakat Pekerja Yugoslavia di kota Mostar, yang memberinya kesempatan untuk memperoleh pengetahuan mengenai berbagai aktivitas sosial (kepemudaan, ketenagakerjaan, impor/ekspor, masalah pertahanan, pertanian dan lingkungan).[2]

Pada tahun 1987, Prlić memperoleh gelar Doktor dalam bidang ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Sarajevo dan gelar Professor dari Universitas Mostar.[3] Ia juga menulis buku dan mengajar di universitas. Buku-buku yang telah diterbitkannya, antara lain: Policy of Fluctuating Exchange Rates (1990), The Imperfect Peace (1998), Fuga della Storia (2000), Return to Europe (2001), Unfinished game (2002), A Short Course of Economics (2003), European Union and Eastern Adriatic (2005), dan International Economy (2008).[2] Prlić mengajar dalam bidang ekonomi ekonomi internasional di Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum, Universitas Mostar. Ia memberikan kuliah pascasarjana di beberapa universitas, baik di dalam negeri seperti di Mostar, Banja Luka dan Sarajevo, dan di luar negeri seperti di Universitas Roma La Sapienza, Universitas Columbia, Universitas Johns Hopkins, dan London School of Economics and Political Science.[2]

Pada tahun 1988, Prlić dipercaya sebagai Walikota Mostar. Pada tahun 1989 ia menjabat Wakil Presiden Majelis Eksekutif Bosnia-Herzegovina. Selama pemilu tahun 1990 ia menduduki posisi Presiden ad interim Bosnia-Herzegovina.

Pada tahun 1991, Prlić dipercaya sebagai Chief Executive Officer (CEO) APRO, salah satu perusahaan terbesar di Bosnia-Herzegovina, yang memiliki 14 anak perusahaan dan ribuan karyawan. Perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam grup APRO menghasilkan barang-barang konsumsi, termasuk minuman anggur, sari buah dan bunga potong.

Pada awal Maret 1992, Prlić mengunjungi Amerika Serikat untuk mempelajari pendekatan yang dilakukan Amerika Serikat terhadap ekonomi pasar. Ketika ia kembali ke Mostar, kota itu sedang terkepung sehingga ia memutuskan untuk bergabung dengan Dewan Pertahanan Kroasia dan turut serta dalam peperangan.[4]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kasus Prlić et al. (IT-04-74)". ICTY. Diakses tanggal 3 Desember 2017. 
  2. ^ a b c d e Hocking, John (29 Maret 2011). "Redacted Public Version of Jadranko Prlić's Final Brief" (PDF). The International Criminal Tribunal for the Former Yugoslavia (ICTY): 6. Diakses tanggal 3 Desember 2017. 
  3. ^ "Jadranko Prlić". Trial International. 6 Juni 2016. Diakses tanggal 3 Desember 2017. 
  4. ^ Encyclopedia, World Heritage. "Profil Jadranko_Prlić". World Public Library, WLF. World Heritage Encyclopedia. Diakses tanggal 3 Desember 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]