Masyarakat Bodo-Kachari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bodo-Kachari
Total populasi
Berkisar 12 - 14  Juta
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Assamn/a
Tripuran/a
Meghalayan/a
Arunachal Pradeshn/a
Agama
Predominan Signifikan
Kelompok etnis terkait

Bodo-Kachari, atau hanya Kachari,[1] adalah istilah umum yang diterapkan untuk sejumlah kelompok etnis, terutama di Assam, yang menggunakan bahasa Tibet-Burman atau mengklaim nenek moyang yang sama. Masyarakat Bodo-Kachari sebagian besar menggunakan Bahasa Bodo . Bahasa Bodo telah ditetapkan sebagai bahasa India yang ke-delapan pada tahun 2004.[1]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah Bodo pertama kali digunakan oleh B H Hodgson pada tahun 1847, untuk menunjukkan kelompok bahasa[2] Grierson mengambil istilah ini untuk mengklasifikasi kelompok pengucapan:Burma-Assam dari Tibet-Burman pengucap, dari Sino-Tibet kelurga pengucapan,[3] dimana bahasa tersebut diantaranya (1) Mech; (2) Rabha; (3) Lalung; (4) Dimasa (Bukit Kachari); (5) Garo (6) Tiprasa dan (7) Sutiya.[4]

Pada dasarnya kata Bodo digunakan untuk menyebutkan banyak suku.[5] Dan belakangan barulah Bodo Kachari, adalah yang disebut Bodo.[6] Perdebatan ini akhirnya mendapat persetujuan luas.[7]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya mereka diklasifikasi oleh S. Endle sebagai Kacharis. Di sini, Bodo adalah berasal dari Bod yang berarti Tibet dan Kachari adalah berasal dari Kachar yaitu daerah yang dekat sungai. Mereka dianggap telah mencapai Lembah Brahmaputra melalui Tibet dan menetap di kaki bukit timur Himalaya yang mencakup seluruh Assam, Tripura, Utara Bengal dan bagian dari Bangladesh. Bisa dipastikan pada awalnya Bodo-Kacharis menjelajah lembah dan sungai, dibuktikan dengan fakta bahwa sebagian besar sungai-sungai di Brahmaputra valley hari ini membawa Tibet-Burman nama — Dibang, Dihang, Dikhou, Dihing, dll. — di mana - berarti air Dimasa itu.("Ti/twi"-Tripuri bahasa,"Dwi" di boro & "Chi" dalam garo)

Kelompok[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan sensus 1881, ada 17 kelompok dalam klasifikasi Kachari:

  1. Bodo-Mech
  2. Dimasa
  3. Dhimal
  4. Garo
  5. Hajong
  6. Koch
  7. Lalung (Tiwa)
  8. Mech
  9. Moran
  10. Phulgaria
  11. Sutiya
  12. Rabha
  13. Sonowal
  14. Saraniya
  15. Solaimiya
  16. Thengal
  17. Tiprasa - Jamatia, Bru (Reangs), Mogs, Uchai, Noatia, Debbarma, Kalai, Halam, Rupini, Murasing, Tripura, Roaza, Hrangkhawl, Kaipeng dll,.

Beberapa kelompok, seperti Moran dan Saraniya mempertimbangkan diri mereka sebagai kasta rendah Hindu. Kelompok-kelompok lain, seperti Garo, Rabha, Lalung dan Hajong telah terisolasi dari pengelompokan induk, memiliki didirikan identitas yang terpisah. Dengan pengecualian dari Garo, yang masih satu masyarakat malinial, kelompok-kelompok lainnya telah menyerah aturan dari matrilineal masyarakat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tripuri, Sutiya dan Dimasa memiliki kekuatan kerajaan yang kuat pada masa lalu.Raja Triputri bahkan telah mengalahkan Kerajaan Mughal dan Burma di masa lalu. Sekarang, Bodos, Tripuris dan Garos telah menetapkan politik yang kuat dan identitas etnis serta pengembangan bahasa dan sastra. Sonowal Kachari juga merupakan bagian yang lebih besar dari Kachari. Mereka tinggal di kabupaten Dibrugarh, Tinsukia, Dhemaji, Sivasagar, Lakhimpur, kabupaten golaghat dan Jorhat.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Govt. of India, Ministry of Home Affairs. "Eight Schedules" (PDF). mha.nic.in. 
  2. ^ (Hodgson) took the word 'Bodo' from the Meches (Bodos) of Darjeeling district in 1846 while he was writing about them."(Narjinari 2000, hlm. 4)(Grierson 1903, hlm. 1).
  3. ^ Choudhury 2007.
  4. ^ Grierson 1903.
  5. ^ "The term Bodo is also used to denote a large number of tribes— The Bodo people, The Garos of Meghalaya, Tiprasa of Tripura, Koch, Rabha, Lalung, Dimasa, Hajong, Chitia, Deuri and Moran of Assam and other parts of Northeast (M N Brahma, "The Bodo-Kacharis of Assam---A brief Introduction) 1:1 (1983) p52" (George 1994, hlm. 878)
  6. ^ "In present-day socio-political terminology the Bodo means the plain tribes of the Brahmaputra Valley known earlier as Bodo-Kachari." (Choudhury 2007, hlm. 1)
  7. ^ "The media at the regional and national level; officials at the Centre and the state political parties of all hues and the people in general have accepted what may be termed as a contraction of the original denotion." (Choudhury 2007, hlm. 1)