Masjid Muhtarov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masjid Mukhtarov)
Masjid Katedral Muhtarov
Мухтарова соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Ossetia Utara–Alania
Lokasi
LokasiVladikavkaz
Negara Rusia
Arsitektur
ArsitekJózef Plośko
TipeMasjid
Gaya arsitekturMesir
Didirikan1908
Spesifikasi
Kubah1
Menara2

Masjid Katedral Muhtarov (bahasa Rusia: Мухтарова соборная ме́че́ть) adalah sebuah masjid sunni bersejarah yang berada di tepi kiri Sungai Terek, kota Vladikavkaz, Republik Ossetia Utara–Alania, Rusia. Masjid ini mendapatkan namanya dari donatur Azerbaijan, Murtuza Muhtarov yang membiayai pembangunannya pada tahun 19001908. Arsitek Józef Ploshko terinspirasi dari Masjid Al-Azhar dan masjid lainnya di Kairo, Mesir.[1] Ploshko juga mengarsiteki Istana Muhtarov yang berada di Baku, Azerbaijan. Masjid ini melayani minoritas Muslim Ossetia.

Masjid ini terkenal dengan latarnya yang indah dengan latar belakang Pegunungan Kaukasus yang dramatis. Selain itu juga digunakan untuk melayani penduduk Ingush di Vladikavkaz sebelum mereka diusir dari Ossetia Utara pada 1990-an. Masjid ini dilindungi sebagai landmark bersejarah sejak tahun 1934. Pada tahun 1996, masjid ini rusak parah akibat ledakan[2] dan kemudian dipulihkan.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Izin pembangunan masjid dikeluarkan pada tahun 1900, pemerintah kota Vladikavkaz mengalokasikan sebidang tanah di sisi kiri sungai Terek untuk pembangunan ini. Surat kabar "Priazovsky Krai" melaporkan bahwa pembangunan masjid menelan biaya 80 ribu rubel, di mana lebih dari 50 ribu disumbangkan oleh industrialis minyak Azerbaijan, seorang dermawan terkemuka di Kaukasus Murtuza Mukhtarov . Proyek ini dikerjakan oleh arsitek favoritnya I. K. Ploshko. Pembukaan masjid berlangsung pada tanggal 14 Oktober 1908 .

Imam Pertama[sunting | sunting sumber]

Mullah pertama masjid ini adalah Hanafi Sadyk Radimkulov, seorang Tatar dari Kazan. Pada bulan Desember 1908, Syafi'i Yusuf Murkilensky disetujui sebagai mullah masjid Sunni Vladikavkaz , yang menyebabkan ketidakpuasan di kalangan komunitas Sunni Tatar. Kubatiev Batyrbek Khamurzaevich - imam terakhir masjid Vladikavkaz sebelum revolusi Oktober dan dirubah menjadi museum, merupakan perwakilan dari keluarga aristokrat Ossetia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]