Masjid Iske Tash

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Masjid Iske Tash

İske Taş [isˈke tʌʃ] atau Masjid Iske Tash, juga Masjid Batu Tua (melalui Tatar Sirilik: Иске Таш мәчет, Latin: İske Taş mäçet, bahasa Rusia: Старокаменная мечеть, мечеть Иске-Таш, Starokamennaya, Iske-Tash)[1] atau Masjid dari Batu Tua (melalui Tatar Sirilik: Иске Таш мәчете, Latin: İske Taş mäçete)[2], sebelumnya dikenal sebagai Masjid Katedral Kesembilan, Masjid Batu Besar, adalah sebuah masjid di Kazan, Rusia.

Menurut cerita lama, masjid ini didirikan di pemakaman peringatan para pejuang yang mempertahankan Kazan tahun 1552. Pemakaman ini ditandai oleh sebuah batu tua besar (zur iske taş), yang dijaga di depan facade timur masjid selama bertahun-tahun setelah pendiriannya.

Masjid dibangun tahun 1802 atas bantuan pedagang Ghabdulla Utamishev. Kiblat masjid ditetapkan oleh Ghabdennasir Qursawi. Tahun 1830 dibangun kembali sesuai proyek Alexander Schmidt. Facade masjid dibuat kembali dalam gaya klasik. Batasnya ditandai oleh minaret dengan tiga tingkatan yang dibuat pada dinding tebal ke atas antara ruang salat. Bentuk minaret dikaitkan dengan minaret di kota kuno Bolghar dan Kasimov. Masjid ini memiliki dua tingkat, dua ruangan, dan minaret di tengah atap segitiga.

Pada abad ke-19 para imam berasal dari keluarga Amirkhan.

Masjid ditutup sesuai keputusan Komite Eksekutif Pusat Tatar ASSR pada akhir 1930-an. Digunakan sebagai sekolah dan kemudian gudang selama pemerintahan Soviet. Tahun 1994 masjid ini dibuka kembali seperti semula.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Tatar)"Иске Таш мәчет". Tatar Encyclopedia. Kazan: Akademi Institusi Ilmiah Ensiklopedia Tatar Republik Tatarstan. 2002. 
  2. ^ (Tatar) [1]