Masjid Kekhanan Qasim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Kekhanan Qasim
Касимского Ханства соборная ме́че́ть
Masjid Katedral Kekhanan Qasim, 2006
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Oblast Ryazan
Lokasi
LokasiKasimov
Negara Rusia
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturTatar
Didirikan1768
Spesifikasi
Kubah1
Menara1

Masjid Katedral Kekhanan Qasim (bahasa Rusia: Касимского Ханства соборная ме́че́ть) atau yang lebih dikenal dengan Masjid Kekhanan Kasim (bahasa Rusia: Касимского Ханства ме́че́ть) adalah sebuah kompleks masjid dan museum yang berada di Kasimov, Oblast Ryazan; sekaligus menjadi masjid tertua di Rusia Tengah. Namanya berasal dari Kekhanan Qasim pada abad ke-15 dan ke-16. Menurut Kadir Ali, masjid ini dibangun pada era Mausoleum Shahghali di beberapa titik di abad pertengahan ke-16.[1] Yang lain percaya bahwa masjid ini kembali ke masa pemerintahan Kekhanan Qasim.[2] Bangunan aslinya diruntuhkan atas perintah Peter yang Agung pada tahun 1702, tetapi minaret batunya yang lebar masih bertahan.

Masjid yang ada didirikan di sebelah minaret tua pada tahun 1768. Para bangsawan Tatar setempat membangun lantai kedua pada tahun 1835. Masjid yang berada sedikit lebih dekat dengan Sungai Oka, dibangun pada era Mausoleum Shahghali dari abad pertengahan ke-16. Masjid Khan telah ditetapkan sebagai museum umum sejak tahun 1930-an.

Desain minaret yang minimalis, dengan dindingnya yang polos, mengingatkan pada Minaret Guangta Masjid Huaisheng yang terkenal di Guangzhou, Tiongkok bagian selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ИД "Медина" — Медина аль-Ислам №96 — Сохраним сокровища Хан-Кермана". 
  2. ^ http://archeologia.narod.ru/kasim.htm

Pranala luar[sunting | sunting sumber]