Masjid Mariupol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masjid Katedral Mariupol)
Masjid Katedral Mariupol
Мариупольська соборна ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Donetsk
Lokasi
LokasiMariupol
Negara Ukraina
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturTurki
Didirikan20052007
Spesifikasi
Kubah1
Menara1

Masjid Katedral Mariupol (bahasa Ukraina: Мариупольська соборна ме́че́ть) atau lebih dikenal dengan Masjid Sultan Sulaiman (bahasa Ukraina: Султана Суле́ймана ме́че́ть) (bahasa Turki: Sultan Süleyman Camii) adalah sebuah masjid bersejarah yang berada di kota Mariupol, Oblast Donetsk, Ukraina, sebelum berpindah tangan ke Rusia pada peristiwa Invasi Rusia ke Ukraina 2022.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid ini diresmikan pada tanggal 15 Oktober 2007 di hadapan Kementerian Lingkungan Hidup, Urbanisasi dan Perubahan Iklim Turki Faruk Nafız Özak dan tamu lainnya dari Turki.[1]

Pembangunan tersebut dibiayai oleh direktur Pasar Pusat Mariupol Salih Jihan dan anggota komunitas Azerbaijan lainnya di kota tersebut. Masjid ini meniru replika Masjid Süleymaniye di Istanbul. Kemudian masjid ini dan minaretnya telah menjadi tujuan populer untuk foto pernikahan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Людмила Ермишина (2007-10-09). "Мечеть в Мариуполе открывала делегация из Турции" (dalam bahasa Rusia). Приазовский рабочий. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-05. Diakses tanggal 2013-07-23. 
  2. ^ "Мечеть Сулеймана и Роксоланы в Мариуполе | The Mosque in Mariupol". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-17. Diakses tanggal 2013-07-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]