Masjid Karavan-Saray

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Karavan-Saray
Караван-Сарай соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Oblast Orenburg
Lokasi
LokasiOrenburg
Negara Rusia
Arsitektur
ArsitekAlexander Brullov
TipeMasjid
Didirikan1837-1844
Spesifikasi
Kubah1
Menara2

Masjid Katedral Karavan-Saray (bahasa Rusia: Караван-Сарай соборная ме́че́ть) atau lebih dikenal dengan Masjid Karavan-Saray (bahasa Rusia: Караван-Сарай ме́че́ть) atau Kompleks Masjid Karavan-Saray (bahasa Rusia: Компле́кс ме́че́ти Караван-Сарай) adalah sebuah komplek masjid, kompleks sejarah, dan arsitektur yang berada di kota Orenburg, Oblast Orenburg, Rusia. Bangunan ini ditetapkan sebagai monumen budaya orang Bashkir.[1]

Awalnya kompleks masjid ini dibangun pada tahun 18371846 dengan sumbangan sebagai tempat kantor komandan tentara Bashkir–Mesheryak, hotel untuk bangsa Bashkir yang datang ke Orenburg untuk salat, bengkel, dan sekolah madrasah. Kompleks sejarah dan arsitektur ini juga terdiri dari rumah rakyat dan masjid. Desain asli arsitek Alexander Brullov adalah bunga rampai dari desa tradisional Bashkir: masjid segi delapan yang dominan di tengah mereproduksi bentuk yurt Bashkir.

Kemudian bangunan kompleks masjid ini menampung Sekolah Tinggi Pedagogis Orenburg dari tahun 1920 hingga 1924.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [pranala nonaktif]"Башкортостан. Краткая энциклопедия:Карава́н-сара́й (Каруанhарай)" (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2013. Diakses tanggal June 5, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]