Masjid Jami Wali Perkasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masjid Jami Wali Perkasa adalah sebuah masjid yang terletak di Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Masjid ini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor registrasi CB.1581. Surat keputusannya diberikan ke Bupati Purbalingga dengan tanggal penerbitan 7 Juni 2018 dan Nomor SK : 432/226 tahun 2018. Masjid Jami Wali Perkasa telah mengalami perombakan secara besar-besaran di sebagian besar bagian dan bahan bangunannya. Bentuk yang masih dipertahankan hanya bagian soko guru dan struktur atap yang berwarna abu-abu. Pada salah satu bagian tiangnya terdapat tulisan arab gundul yang sudah tidak kelihatan. Nama masjid ini diambil dari nama tokoh penyebar agama Islam di Kabupaten Purbalingga yang bernama Wali Perkasa. Ia adalah menantu dari ulama Kesultanan Demak yang bernama Pangeran Guru.[1] Letak Masjid Jami Wali Perkasa adalah di Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol. Masjid Jami Wali Perkasa pernah mengalami perombakan yang dimulai sejak bulan Februari 2016 hingga tahun 2018. Perombakan berlangsung selama 18 bulan. Dana yang digunakan untuk perombakan ini sebesar Rp. 3,2 Miliar yang berasal dari anggaran belanja Kabupaten Purbalingga. Perombakan Masjid Jami Wali Perkasa masuk dalam rencana pembangunan perekonomian kemasyarakatan di Kecamatan Karangmoncol.[2] Gaya arsitekur yang diterapkan pada Masjid Jami Wali Perkasa merupakan gabungan antara arsitektur Arab dan arsitektur Jawa. Masjid Jami Wali Perkasa dijadikan sebagai tempat salat sekaligus objek wisata keislaman. Di bagian belakang masjid ini terdapat makam Wali Perkasa.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Masjid Jami Wali Perkasa - Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya". cagarbudaya.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-12. Diakses tanggal 13 Juli 2021. 
  2. ^ "Plt Bupati Tandatangani Prasasti Masjid Jami' Wali Perkasa". jatengprov.go.id. Diakses tanggal 13 Juli 2021. 
  3. ^ "Peresmian dan Tasyakuran Masjid Jami Wali Perkasa Desa Pekiringan, Kec. Karangmoncol – Kecamatan Karangmoncol". kecamatankarangmoncol.purbalinggakab.go.id. Diakses tanggal 13 Juli 2021.