Masjid Jami Kebun Bunga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masjid Jami Kebun Bunga atau Masjid Jamik Kebun Bunga atau Masjid India atau Indian Mosques adalah sebuah Masjid yang terletak di Jalan Taruma, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Masjid ini adalah Masjid pertama yang didirikan untuk keturunan Indian Muslim yang berasal dari India Selatan pada tahun 1887 di atas lahan seluas sekitar 5.407m2[1] yang merupakan hadiah atau waqaf dari Sultan Deli Sultan Mahmud Al Rasyid[2] Masjid Jamik Kebun Bunga di kelola oleh Yayasan Masjid Muslim India Selatan (Yayasan South Indian Moslem Mosque) bersama dengan Masjid Ghaudiyah

Masjid Jami Kebun Bunga Tidak seperti masjid kebanyakan yang memiliki ukiran khas, Masjid Masjid Jami Kebun Bunga memiliki keunggulan dari segi ketahanan bangunan. Masjid Jami Kebun Bunga memiliki dinding yang tebal mencapai ketebalan 70 cm dengan bata yang dua kali susun sehingga kedap suara, Masjid Jami Kebun Bunga tidak banyak mengalami renovasi sejak 1887 hanya ada renovasi pemasangan keramik saja dan saat ini termasuk sebagai cagar budaya di Kota Medan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ningrum, Dinda Saqina; Dahlan, Zaini (Maret 2022). "MASJID GHAUDIYAH DAN PENDIDIKAN ISLAM: INTERNALISASI NILAINILAI ISLAM BAGI ETNIS INDIA MUSLIM DI KOTA MEDAN" (PDF). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. 6 (1). 
  2. ^ "Masjid Jamik Berusia 133 Tahun, Bukti Eksistensi Peradaban India Muslim di Kota Medan". Tribun-medan.com. Diakses tanggal 2022-12-29. 
  3. ^ "Berdiri Sejak 1887, Masjid Jamik Kebun Bunga Pertahankan Bangunan Beton Asli". Tribun-medan.com. Diakses tanggal 2022-12-29.