Masjid Ahmed III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Ahmed III
Αχμέτ Γ΄ Τζαμί
Agama
AfiliasiIslamSunni
ProvinsiPeloponnese
Lokasi
LokasiKorintus
Negara Yunani
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturTurki
Didirikan1715
Spesifikasi
Kubah1
Menara1

Masjid Ahmed III (bahasa Yunani: Αχμέτ Γ΄ Τζαμί), atau yang lebih dikenal dengan Masjid Akrokorinthos (bahasa Yunani: Ακροκορίνθου Τζαμί) atau Masjid Ahmed Pasha (Turki: Ahmet Paşa Camii),[1][a] adalah sebuah bangunan bekas masjid peninggalan Kesultanan Utsmaniyah yang terletak di benteng Akrokorinthos, kota Korintus, Provinsi Peloponnese, Yunani. Masjid ini awalnya dibangun di situs masjid abad ke-16 sebelumnya, atas perintah Sultan Ahmed III setelah penaklukan Ottoman tahun 1715. Sekarang sebagian besar bangunan ini berada dalam keadaan hancur, ditinggalkan, dan diabaikan, namun sempat mengalami beberapa pekerjaan restorasi pada tahun 2000.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kiel 2016, hlm. 67.
  2. ^ Ministry of Culture and Sports. "Τέμενος Α΄" [Mosque I]. www.odysseus.culture.gr (dalam bahasa Greek). Diakses tanggal 2022-07-29. 
  3. ^ Ministry of Culture and Sports. "Τέμενος B΄" [Mosque II]. www.odysseus.culture.gr (dalam bahasa Greek). Diakses tanggal 2022-07-29. 
  4. ^ Koumousi 2008, hlm. 136.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan