Maryati Affandi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Maryati Affandi (lahir di Bogor, Jawa Barat, 1916 - meninggal di Yogyakarta, 26 Mei 1991) adalah seorang pelukis Indonesia. Ia merupakan istri dari Maestro Seni Lukis Indonesia, Affandi.

Semasa kecil, Maryati tidak pernah mengenyam pendidikan formal. Ia belajar membaca dan menulis kepada Affandi, yang kemudian menikah dengannya pada tahun 1933. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang putri bernama Kartika Affandi yang kemudian mengikuti jejak orang tuanya sebagai pelukis.

Seperti suaminya, Maryati juga menekuni seni lukis. Ia dikenal dengan karya lukisannya yang menggunakan teknik sulam meskipun ia juga menguasai teknik lukis dengan cat minyak. Karya-karyanya terpajang di Galeri III Museum Affandi, Yogyakarta.

Pada tahun 1957, untuk pertama kalinya Maryati mengikuti pameran bersama perupa wanita Indonesia lainnya. Sejak itu, ia sering mengikuti berbagai pameran seni rupa. Namun sejak 1984, ia memilih fokus menyulam.

Maryati wafat pada tanggal 26 Mei 1991, setahun setelah Affandi tiada. Ia dimakamkan berdampingan dengan suaminya di kompleks Museum Affandi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]