Mary Lutyens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Manor, Mosman, New South Wales, Australia

Edith Penelope Mary Lutyens (1908 – 9 April 1999)[1] adalah seorang pengarang Inggris yang utamanya dikenal karena karya-karya biografi otoritatif buatannya tentang filsuf Jiddu Krishnamurti.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ia adalah anak keempat dan bungsu dari arsitek Edwin Lutyens, dan istrinya Emily Bulwer-Lytton. Emily merupakan putri dari Robert Bulwer-Lytton, Viceroy India, dan cucu dari novelis-anggota majelis Edward Bulwer-Lytton. Pada masa kanak-kanak, Mary menjalani waktu dengan nenek pihak ibunya Edith, mantan vicereine, yang tinggal di Knebworth yang berjarak sekitar 30 mil dari London.

Sebagai hasil dari peminatan ibunya terhadap teosofi,[2] Mary bertemu Krishnamurti saat masih kanak-kanak: ia mengenalnya dari 1911 sampai ia wafat pada 1986.

Pada 1920an, ayahnya mengerjakan gedung-gedung di Delhi. Mary mengunjungi India dengan ibunya dan datang ke Australia, singgah di The Manor, sebuah pusat yang dijalanklan oleh Charles Webster Leadbeater di Mosman, New South Wales,[3] sementara Krishnamurti dan saudaranya Nitya singgah di rumah terdekat lainnya. Lutyens singgah disana sebanyak beberapa kali, yang kemudian memberikannya bahan untuk buku buatannya Krishnamurti: The Years of Awakening.[4]

Karya[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Edith Penelope) Mary Lutyens (1909–1999)". National Portrait Gallery. Diakses tanggal 13 July 2016. 
  2. ^ ODNB
  3. ^ The Theosophist (Theosophical Society), August 1997, pp. 460–463
  4. ^ Krishnamurti: The Years of Awakening by Mary Lutyens (John Murray), 1975, p. 202

Referensi[sunting | sunting sumber]