Mary Cassatt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mary Cassatt
Mary Cassatt-Selfportrait.jpg
Self-portrait karya Mary Cassatt di Metropolitan Museum of Art, New York (±1878)
KebangsaanAmerican
PendidikanPennsylvania Academy of the Fine Arts, Jean-Léon Gérôme, Charles Chaplin, Thomas Couture
Dikenal atasPainting
Gerakan politikImpressionism

Mary Stevenson Cassatt (lahir 22 Mei 1844 – meninggal 14 Juni 1926 pada umur 82 tahun diucapkan [kəˈsæt]) adalah seorang pelukis dari Amerika Serikat. Dia merupakan seorang pelukis beraliran impresionisme.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Cassat lahir di Allegheny City, Pennsylvania[1] pada 22 Mei 1884. Dia lahir di keluarga yang berkecukupan. Ayahnya, Robert Simpson Cassat, meruapakan pialang sukses dan ibunya, Katherine Kelso Johnston, berasal dari keluarga yang mempunyai bisnis dalam bidang perbankan. Pendidikan dia menyiapkan dirinya untuk menjadi seorang istri dan ibu yang mencakup berbagai kelas seperti pekerjaan rumah tangga, menjahit, musik, membuat sketsa dan melukis. Selama tahun 1850an, keluarga Cassatt membawa anak-anak mereka ke luar negeri untuk tinggal di Eropa selama beberapa tahun.

Pendidikan Seni[sunting | sunting sumber]

Walaupun wanita pada zamannya tidak didukung untuk mengejar karir, Mary Cassatt mendaftar di Philadelphia's Pennsyslvania Academy of the Fine Arts pada usia 16 tahun. Tidak mengejutkan, dia menemukan anggota fakultas pria dan sesama pelajar lainnya menggurui dan tidak menyukai keberadaannya. Cassatt menjadi frustasi dengan ritme lambat kurikulum dan kualitas rendah kursus yang ditawarkan. Dia memutuskan untuk keluar dari program tersebut dan pindah ke Eropa di mana dia bisa mempelajari sendiri hasil karya Old Masters.

Di samping larangan keluarganya (ayahnya menyatakan lebih memilih melihat anak perempuannya mati daripada hidup di luar negeri sebagai "bohemian"), Mary Cassatt pergi ke Paris di tahun 1866. Dia memulai pendidikannya dengan kelas seni pribadi di Louvre, di mana dia belajar dan menjiplak hasil karya besar. Dia melanjutkan untuk belajar dan melukis di dalam ketidakjelasan sampai tahun 1868. Dengan larangan ayahnya menggema di telinganya, Cassatt mendaftarkan lukisan yang diterima dengan baik dengan nama Mary Stevenson.

Kemajuan Reputasi Artistik[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1870, tidak lama setelah pecahnya perang Franco-Prussian, Mary Cassatt ragu untuk kembali ke rumah dan tinggal dengan orang tuanya. Kebebasan artistik yang dia nikmati ketika tinggal di luar negeri secepatnya memadamkan keinginannya untuk kembali di Philadelphia. Tidak hanya menemukan kesulitan mendapatkan bantuan yang layak, ayahnya menolak untuk membiayai segala hal yang berkaitan dengan seni. Untuk mengumpulkan dana, dia mencoba untuk menjual beberapa lukisannya di New York, tapi tidak berhasil. Ketika dia mencoba kembali menjual lukisan-lukisan tersebut melalui penjual di Chicago, lukisan-lukisan tersebut secara tragis hangus dalam kebakaran di tahun 1871.

Di tengah berbagai rintangan ini, Cassatt dihubungi oleh Uskup Agung di Pittsburgh. Dia ingin memberi komisi bagi para pelukis untuk menjiplak dua karya dari master Italia, Correggio. Cassatt menerima tugas tersebut dan segera pergi ke Eropa, di mana lukisan asli dipajang di Parma, Italia. Dengan uang yag dia terima dari komisi tersebut, dia bisa melanjutkan karirnya di Eropa. Paris Salon menerima lukisan-lukisannya untuk pameran di tahun 1872, 1873 dan 1874, yang membantunya untuk menjaga statusnya sebagai pelukis mapan. Dia melanjutkan untuk belajar dan melukis di Spanyol, Belgia, dan Roma, dan akhirnya menetap di Paris.

Ekspresi Artistik yang Unik[sunting | sunting sumber]

Walaupun dia merasa berhutang kepada Salon untuk membangun karirnya, Mary Cassatt mulai merasa terhambat dengan aturan-aturan yang kaku. Tidak lagi peduli dengan sisi modis atau komersial, dia memulai untuk bereksperiman secara artistik. Karya barunya menarik kritik atas warna cerah dan akurasi yang tidak menarik dari objeknya. Saat itu, dia mendapat dukungan dari pelukis Edgar Degas yang warna pastelnya menginspirasi dia untuk melanjutkan ke arah yang dia inginkan. "Aku terbiasa pergi dan ...................."

Kekaguman dia terhadap Degas secepatnya menjadi sebuah persahabatan yang kuat, dan Mary Cassatt memamerkan 11 dari lukisannya dengan para Impresionis di tahun 1879. Pameran tersebut sangat sukses secara komersial dan kritik dan pameran serupa ditampilkan di tahun 1880 dan 1881. Tidak lama setelah itu, selama beberapa periode terbengkalai akibat paksaan untuk menarik diri dari dunia seni untuk menjaga ibu dan saudara perempuannya yang sakit. Saudara perempuannya wafat di tahun 1882, tetapi setelah ibunya pulih, Mary dapat melanjutkan melukis.

Ketika banyak sesama impresionis yang fokus pada pemandangan dan gambaran jalan, Mary Cassatt menjadi terkenal dengan lukisan diri. Dia fokus pada tema keadaan sehari-hari wanita, khususnya para ibu dengan anak-anak mereka. Tidak seperti Madonna dan kerubian Renaissance, lukisan diri Cassatt tidak biasa dengan sifatnya yang langsung dan jujur. Mengomentari pelukis Amerika, Gemma Newman, disebutkan bahwa "tujuan tetap dia adalah untuk mendapatkan tekanan, bukan kemanisan; kenyataan, bukan sentimentalitas atau romansa."

Gaya lukisan Mary Cassatt berlanjut semakin jauh dari impresionisme dalam hal lebih sederhana dan pendekatannya lebih langsung. Pameran terakhirnya dengan para impresionis diadakan di tahun 1886, dan dia berhenti menganggap dirinya terhubung dengan aliran dan ajaran tertentu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ sekarang bagian dari Pittsburgh

Pranala luar[sunting | sunting sumber]