Martha Stewart (pebisnis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Martha Stewart
Martha Stewart by Gage Skidmore.jpg
Stewart tahun 2019
LahirMartha Helen Kostyra
03 Agustus 1941 (umur 80)
Kota Jersey, New Jersey, A.S.
AlmamaterBarnard College
PekerjaanPebisnis, penulis, selebriti
Kekayaan bersihUS$638 juta (2011)[1]
Suami/istriAndrew Stewart (m. 1961; c. 1990)
AnakAlexis Stewart
Situs webmarthastewart.com
Tanda tangan
Martha Stewart signature.svg

Martha Stewart (lahir 13 Agustus 1941) adalah seorang pebisnis Amerika Serikat yang ahli dalam hal kuliner, berkebun, etiket, dan kerajinan tangan. Ia juga dikenal sebagai pengarah gaya hidup. Kariernya terguncang sebuah skandal pada 2002 dan ia dikenai hukuman penjara sampai 2004. Ia bebas pada 4 Maret 2005. Proyeknya saat ini antara lain acara televisi Martha dan The Apprentice: Martha Stewart.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Martha Stewart dilahirkan di Jersey City, New Jersey dengan orang tua Polandia-Amerika Serikat, Edward Kostyra dan Martha Ruszowski namun tumbuh di Nutley, New Jersey dengan lima saudara kandung.

Sebagai pelajar, Martha mendapatkan beasiswa ke Barnard College di New York City dan bekerja paruh waktu sebagai model. Awalnya, ia akan mengambil kimia tetapi berubah menjadi sejarah Eropa dan sejarah arsitektur. Ia berhenti menjadi model pada 1965 saat melahirkan Alexis Stewart, anak pertamanya dari Andrew Stewart.

Ia kemudian menjalani kariernya sebagai pialang saham sampai 1973 saat resesi melanda Wall Street dan pindah ke Westport, Connecticut. Ia dan suaminya merenovasi sebuah rumah peternakan. Tahun-tahun berikutnya, ia memulai usaha katering dan menulis berbagai artikel tentang masak-memasak, berkebun, dan dekorasi rumah. Pada 1980-an, ia menjadi editor di majalah Family Circle dan pada 1987 menjadi juru bicara KMart. Pada 1990, majalah Martha Stewart Living diluncurkan dan pada tahun yang sama, suaminya mengajukan cerai pada hari yang sama saat Martha meluncurkan buku tentang pernikahan.

Perkembangan Karier[sunting | sunting sumber]

Pada 1993, Martha membuat sebuah acara dan meluncurkan rangkaian produk untuk rumah tangga dengan nama "The Martha Stewart Everyday Collection". Kemudian ketenarannya mulai menyebar dan ia sering muncul di berbagai acara televisi.

Pada 1999, Martha mendirikan Martha Stewart Living Omnimedia untuk menyatukan dan mengontrol seluruh usahanya di bawah satu payung dan menjadi milyuner.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Goldman, Lea; Blakeley, Kiri (January 18, 2007). "The 20 Richest Women In Entertainment". Forbes. Diakses tanggal March 5, 2014.