Martha McSally

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Martha McSally

Martha Elizabeth McSally (lahir 22 Maret 1966) adalah veteran Angkatan Udara Amerika Serikat yang kemudian terjun ke dunia politik. Ia adalah anggota Partai Republik dan pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Amerika Serikat untuk distrik kongres kedua Arizona, sebelum akhirnya menjadi ia menjadi Senator dari negara bagian Arizona.

McSally mengabdi di Angkatan Udara dari 1988 hingga 2010 dan pangkat tertingginya adalah kolonel sebelum akhirnya ia pensiun. Sebagai salah satu pilot wanita dengan pangkat tertinggi dalam sejarah Angkatan Udara Amerika Serikat, McSally adalah wanita Amerika pertama yang terbang sebagai pilot tempur setelah wanita diperbolehkan untuk mengemban tugas tersebut pada tahun 1991. McSally menerbangkan pesawat Fairchild Republic A-10 Thunderbolt II di ruang udara Irak dan Kuwait selama Operasi Southern Watch. Ia juga merupakan panglima wanita pertama yang memimpin skuadron tempur di Angkatan Udara AS, yaitu Skuadron Tempur ke-354. Pada tahun 2001, ia menuntut Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam perkara McSally v. Rumsfeld karena ia menentang kebijakan militer yang mengharuskan wanita militer yang ditugaskan di Arab Saudi untuk mengenakan abaya yang menutupi sekujur tubuh saat sedang bepergian di luar pangkalan di negara tersebut.

Setelah dua kali gagal terpilih menjadi anggota kongres pada tahun 2012, McSally akhirnya menjadi anggota Dewan Perwakilan AS pada tahun 2014. Pada tahun 2018, McSally dicalonkan sebagai Senator Arizona oleh Partai Republik, tetapi ia kalah tipis dari Kyrsten Sinema yang merupakan calon dari Partai Demokrat dengan perbedaan suara 50-48%. Walaupun begitu, seusai pemilihan tersebut, Senator Jon Kyl mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi senat yang lainnya untuk negara bagian Arizona, sehingga Gubernur Doug Ducey dari Partai Republik mengangkat McSally sebagai pengganti Kyl.

Riwayat awal[sunting | sunting sumber]

McSally dilahirkan pada tahun 1966[1] di Warwick, Rhode Island, dan ia merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Pada tahun 1978, ayahnya, Bernard, yang berprofesi sebagai seorang pengacara, meninggal akibat serangan jantung. Ibunya, Eleanor, bekerja untuk menghidupi keluarga.[2]

  1. ^ "Martha E. McSally". Washington Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 29, 2014. Diakses tanggal August 26, 2013. 
  2. ^ Cheakalos, Christina (February 11, 2002). "Dress Blues". People Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 3, 2014. Diakses tanggal August 28, 2014.