Markus dan Marcellianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saints Markus dan Marcellianus
Mark and Marcellian.JPG
Santo Markus dan Marcellianus (ke kanan) dengan Santo Sebastianus. Dari naskah abad pertengahan Prancis.
LahirRoma, Italia
Wafatskt. 286
Roma, Italia
Dihormati diGereja Katolik Roma,
Gereja Ortodoks Timur
Tempat zairahGereja Santi Cosma e Damiano, Roma
Pesta18 Juni (Gereja Katolik Roma),
18 Desember (Gereja Ortodoks Timur)

Markus dan Marcellianus (bahasa Latin: Marcus et Marcellianus) adalah dua martir yang dihormati sebagai santo oleh Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur.[1] Kultus mereka terkadang dikaitkan dengan orang-orang kudus Tranquillinus, Martia, Nicostratus, Zoe, Kastulus dan Tiburtius, meskipun tidak dalam buku liturgi resmi gereja, yang menyebutkan hanya Markus dan Marcellianus (di tempat pertama) di antara para orang kudus pada 18 Juni.[2] Penyebutan mereka dalam kalender Gereja Roma pada tanggal tersebut dari sebelum waktu kalender Tridentina dihapus dalam revisi 1969, karena tidak ada yang diketahui tentang mereka kecuali nama mereka, fakta kemartiran mereka, dan bahwa mereka dimakamkan pada 18 Juni di pemakaman Santa Balbina, di via Ardeatina.[3]

Legenda menyatakan bahwa mereka dimartir di Roma pada masa pemerintahan Kaisar Diokletianus menjelang akhir abad ke-III, kemungkinan besar pada 286. Mereka disebutkan di sebagian besar martirologi kuno, termasuk martirologi Roma, dan kemartiran mereka dijelaskan dalam Ayat St. Sebastian, yang walaupun kuno, sebagian besar legendaris.

Venerasi[sunting | sunting sumber]

Jenazah Markus dan Marcellianus dipindahkan, mungkin selama abad ke-IX, ke Gereja Santi Cosma e Damiano. Mereka ditemukan di sana pada 1583 pada masa pemerintahan Paus Gregorius XIII.

Makam mereka tetap berada di dekat lukisan kuno dua martir dengan orang ketiga, yang tampaknya adalah Perawan Maria. Pada 1902, basilika mereka di katakombe Santa Balbina ditemukan kembali.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saints, December 18, Justin Popović Diarsipkan 2011-11-28 di Wayback Machine. (dalam bahasa tidak diketahui)
  2. ^ Martyrologium Romanum Libreria Editrice Vaticana (2001) ISBN 88-209-7210-7
  3. ^ Calendarium Romanum Libreria Editrice Vaticana (1969), p. 127.

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "Sts. Mark and Marcellian". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]