Marianus II dari Torres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marianus II (wafat tahun 1233) merupakan seorang Giudice Logudoro dari tahun 1218 sampai kematiannya. Ia adalah sekutu Republik Genoa dan musuh Pisa.

Ia merupakan putra Comita III (dengan istrinya Ispella dari Arborea), yang mengasosiasikannya dengan pemerintahan Logudoro pada awal tahun 1203. Ia menggantikan ayahnya pada tahun 1218. Mariane adalah saudara tiri Hugh I dari Arborea.

Di antara saudara-saudara perempuannya, Maria pada tahun 1202 menikah dengan pewaris Marquess dari Saluzzo, dan Iurgia (Giorgia) pada tahun 1210 kepada Emanuele Doria, pewaris benteng Genoa di pesisir Logudoro.

Di sekitar tahun 1200, Comita III bersepakat dengan William I dari Cagliari dan Ubaldo I Visconti, menjanjikan untuk menikahkan putranya Marianus kepada putri William Agnes.

Dengan sebuah perjanjian yang ditandatangani di bulan Nopember 1218 dengan Lambert dari Gallura, Marianus melindungi pernikahan putrinya Adelasia dengan putra Lambert Ubaldo. Pernikahan tersebut dilangsungkan pada tahun 1219. Paus Honorius III, musuh dari warga Pisa, segera mengirimkan kapelannya Bartolomeo untuk membatalkan pernikahan itu, tetapi ia gagal dan perjanjian antara Pisa dan Logudoro ditegakkan. Honorius akhirnya mendesak Milan untuk membantu Marianus di dalam segala oposisi kepada Pisa.

Pada tahun 1228, Peter II dari Arborea bersekutu dengan Visconti dari Gallura. Akibatnya ia diserang oleh Marianus bersama dengan William II dari Cagliari. Mereka berniat untuk menjaga sebuah kondominium di Arborea, tetapi pertikaian internal mengizinkan Peter untuk menguatkan otoritasnya dengan sedikit oposisi.

Dari tahun 1230 s/d 1232, Marianus melaksanakan hak kabupaten Cagliari atas nama William II muda dan atas hak istrinya Agnes. Ia wafat pada tahun 1233 dan, dengan wasiatnya, ia digantikan oleh putranya Barison III. Atas kematian Barison (1236) tanpa pewaris, para tokoh terkemuka Logudoro, seperti yang dijelaskan di dalam wasiat Marianus', memilih satu dari putrinya Adelasia atau Benedetta (yang diperkirakan menikahi seorang Pangeran Katalan Empuries) untuk mewarisi. Mereka secara bulat mengakui Adelasia, yang suaminya juga dapat menegakkan haknya. Jadi mereka sebagai gantinya melantiknya juga sebagai Giudice.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ghisalberti, Alberto M. Dizionario Biografico degli Italiani: VIII Bellucci – Beregan. Rome, 1966.
  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: Guglielmo Gonzaga – Jacobini. Rome, 2000.
  • Nowé, Laura Sannia. Dai "lumi" dalla patria Italiana: Cultura letteraria sarda. Mucchi Editore: Modena, 1996.
Didahului oleh:
Comita III
Giudice Logudoro
1218–1233
Diteruskan oleh:
Barison III