Pietro II dari Arborea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Peter II dari Arborea)

Pietro II (wafat tahun 1241) merupakan seorang Giudice Arborea dari tahun 1221 sampai kematiannya. Ia juga adalah Pietro IV, Vicomte Bas. Ia "saleh dan setia kepada gereja" dan "sumbangan istimewa dan beberapa hak tanah melemahkan kejayaan negaranya."[1]

Ayahanda Pietro, Ugone I, dari keluarga Bas, meninggal pada tahun 1211 ketika Pietro masih kecil. Dengan perjanjian, Ugone membagi tahta dengan Pietro I dari tahun 1195 dan Pietro masih hidup ketika Ugone meninggal. Pada tahun 1214, Pietro I meninggal, begitu juga Guglielmo I dari Cagliari, pendukungnya. Pewaris Peter, Torchitorio IV, menuntut gelar Peter I atas Arborea dan menikahi pewaris Guglielmo, Benedetta.

Pada tahun 1221, Pietro mulai memerintah sendiri. Pada tahun 1228, ia bersekutu dengan Visconti Gallura, kemudian bersekutu dengan Pisa. Ia akhirnya diserang oleh Guglielmo II dari Cagliari dan Marianus II dari Torres. Mereka berhasrat untuk menjaga sebuah kondominium di Arborea, tetapi pertikaian internal mengizinkan Pietro untuk mengkukuhkan otoritasnya dengan sedikit oposisi.

Pada tahun 1231, Eldiarda, wakil Pietro di Bas (Spanyol), mencoba untuk memberikan wilayah vicomte kepada putranya Simon I dari Palau, yang menikahi Güeraua d'Anglesola. Pada tahun 1241, Pietro akhirnya mengakui vicomte baru tersebut dan Chaime I dari Aragon mengakuinya juga. Pietro sendiri meninggal tahun itu.

Pada tahun 1222, ia menikahi Diana Visconti, saudara perempuan Lamberto dari Gallura, atas desakan Ubaldo. Kemudian, ia menikah lagi dengan seorang wanita yang bernama Sardinia. Dengannya, ia menjadi ayah Marianus II.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nowé, 173.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Nowé, Laura Sannia. Dai "lumi" dalla patria Italiana: Cultura letteraria sarda. Mucchi Editore: Modena, 1996.
Didahului oleh:
Ugone I
Giudice Arborea
1211–1241
Diteruskan oleh:
Marianus II