Maria: or, The Wrongs of Woman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Maria: atau, The Wrongs of Woman adalah sekuel novelistik feminis Inggris abad ke-18 Mary Wollstonecraft yang belum selesaidari risalah politik revolusionernya, A Vindication of the Rights of Woman (1792). The Wrongs of Woman diterbitkan secara anumerta pada tahun 1798 oleh suaminya, William Godwin , dan sering dianggap sebagai karya feminisnya yang paling radikal .[1]

Novel filosofis dan gotik Wollstonecraft berkisah tentang seorang wanita yang dipenjara di rumah sakit jiwa oleh suaminya. Ini berfokus pada "kesalahan perempuan" yang bersifat sosial dan bukan pada individu dan mengkritik apa yang dilihat Wollstonecraft sebagai institusi pernikahan patriarki di Inggris abad kedelapan belas dan sistem hukum yang melindunginya. Namun, ketidakmampuan sang pahlawan wanita untuk melepaskan fantasi romantisnya juga mengungkap kolusi perempuan dalam penindasan mereka melalui sentimentalisme yang salah dan merusak . Novel ini memelopori perayaan seksualitas perempuan dan identifikasi lintas kelas antar perempuan. Tema-tema seperti itu, ditambah dengan terbitnya Memoirs yang memalukan Godwinkehidupan Wollstonecraft, membuat novel tersebut tidak populer pada saat diterbitkan.

Kritikus feminis abad ke-20 menerima karya tersebut, mengintegrasikannya ke dalam sejarah novel dan wacana feminis. Hal ini paling sering dipandang sebagai mempopulerkan Hak -Hak Perempuan yang bersifat fiksi , sebagai perpanjangan dari argumen feminis Wollstonecraft dalam Hak-Hak Perempuan , dan sebagai otobiografi.

Ringkasan plot[sunting | sunting sumber]

The Wrongs of Woman dimulai di media dengan pemenjaraan Maria yang tidak adil oleh suaminya, George Venables. Dia tidak hanya mengutuk Maria untuk tinggal di rumah sakit jiwa, tapi dia juga mengambil anak mereka darinya. Dia berteman dengan salah satu pelayannya di rumah sakit jiwa, seorang wanita miskin kelas bawah bernama Jemima, yang, setelah menyadari bahwa Maria tidak gila, setuju untuk membawakannya beberapa buku. Beberapa di antaranya memiliki catatan yang ditulis oleh Henry Darnford, narapidana lain, dan Maria jatuh cinta padanya melalui marginalianya . Keduanya mulai berkomunikasi dan akhirnya bertemu. Darnford mengungkapkan bahwa dia memiliki kehidupan yang tidak bermoral; terbangun di rumah sakit jiwa setelah semalaman mabuk-mabukan, dia tidak dapat meyakinkan para dokter untuk melepaskannya.[2]

Jemima menceritakan kisah hidupnya kepada Maria dan Darnford, menjelaskan bahwa dia terlahir sebagai bajingan . Ibu Jemima meninggal ketika dia masih bayi, sehingga memperburuk posisi sosialnya yang sudah genting. Oleh karena itu, dia dipaksa menjadi pembantu di rumah ayahnya dan kemudian magang pada seorang majikan yang memukulinya, membuatnya kelaparan, dan memperkosanya. Ketika istri pria tersebut mengetahui bahwa Jemima mengandung anaknya, dia diusir dari rumah. Karena tidak mampu menghidupi dirinya sendiri, dia menggugurkan anaknya dan menjadi pelacur. Dia menjadi wanita simpanan dari seorang pria kaya yang tampaknya terobsesi dengan segala jenis kesenangan: makanan, cinta, dll. Setelah kematian pria yang menjaganya, dia menjadi petugas di rumah sakit jiwa tempat Maria dipenjara.

Dalam bab tujuh sampai empat belas (sekitar setengah dari naskah yang telah selesai), Maria menceritakan kisah hidupnya dalam sebuah narasi yang dia tulis untuk putrinya. Dia menjelaskan bagaimana ibu dan ayahnya menyayangi putra sulung mereka, Robert, lebih dari anak-anak mereka yang lain dan bagaimana dia memerintah "secara lalim" atas saudara-saudaranya. Untuk melarikan diri dari rumahnya yang tidak bahagia, Maria mengunjungi tetangganya dan jatuh cinta dengan putranya, George Venables. Venables menampilkan dirinya kepada semua orang sebagai pemuda yang terhormat dan terhormat; pada kenyataannya, dia adalah seorang yang tidak bermoral . Kehidupan keluarga Maria menjadi tidak dapat dipertahankan ketika ibunya meninggal dan ayahnya mengambil pembantu rumah tangga sebagai majikannya. Seorang paman kaya yang menyayangi Maria, tidak menyadari karakter Venables yang sebenarnya, menjodohkannya dan memberinya mas kawin.sebesar £ 5.000.

Maria dengan cepat mengetahui karakter suaminya yang sebenarnya. Dia mencoba mengabaikannya dengan memupuk apresiasi yang lebih besar terhadap sastra dan seni, namun dia menjadi semakin tidak bermoral: dia melacur, berjudi, dan membuat pasangan itu bangkrut. Maria segera hamil setelah melakukan hubungan seksual yang tidak diinginkan dengan suaminya. Saat paman Maria berangkat ke benua itu, dia memperingatkan Maria tentang konsekuensinya jika dia meninggalkan suaminya. Ini adalah pertama kalinya perpisahan atau perceraian dibahas dalam novel dan Maria tampaknya menganggap kata-katanya sebagai inspirasi dan bukan peringatan yang dimaksudkan. Setelah Venables mencoba membayar salah satu temannya untuk merayu Maria (seorang pria yang hanya disebut sebagai 'Tuan S') agar dia dapat meninggalkannya karena berzinah, Maria mencoba meninggalkannya. Dia awalnya melarikan diri dan berhasil tinggal di beberapa lokasi berbeda, Seringkali dengan wanita lain yang juga telah dianiaya oleh suaminya, namun suaminya selalu menemukannya. Ketika dia mencoba meninggalkan Inggris bersama anaknya yang baru lahir dan kekayaan yang ditinggalkan pamannya yang sudah meninggal, suaminya menangkap anak itu dan memenjarakan Maria di rumah sakit jiwa. Pada titik ini naskah yang sudah selesai terputus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sapiro, Gisèle (2020-10-08). Festivals. Oxford University Press. hlm. 149–164. ISBN 0-19-881965-X. 
  2. ^ Davidson, Maurice (1960-10-01). "Sir Gordon Gordon-Taylor". Postgraduate Medical Journal. 36 (420): 591–591. doi:10.1136/pgmj.36.420.591. ISSN 1469-0756.