Marguerite Audoux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Marguerite Audoux, pictured in the frontispiece of Marie Claire, 1911

Marguerite Audoux (7 Juli 1863 – 31 Januari 1937) adalah seorang novelis berkebangsaan Prancis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Marguerite Donquichote, yang mengambil nama ibunya, Audoux, pada tahun 1895, menjadi yatim piatu pada usia tiga tahun, setelah kematian ibunya dan ditinggalkan oleh ayahnya. Dia dan adiknya Madeleine awalnya tinggal dengan seorang bibi tetapi akhirnya menghabiskan sembilan tahun di panti asuhan di Bourges. Pada tahun 1877, Andoux dipekerjakan sebagai penggembala dan buruh tani di wilayah Sologne. Di sana, dia jatuh cinta dengan seorang anak laki-laki lokal, Henri Dejoulx, tetapi orang tuanya tidak mengizinkan mereka untuk menikah.

Audoux pindah ke Paris pada tahun 1881. Sangat miskin, dia sesekali menemukan pekerjaan sebagai penjahit dan memenuhi kebutuhan dengan pekerjaan kasar apa pun yang dapat ditemukan. Dia melahirkan seorang anak yang lahir mati pada tahun 1883; kehamilan dan persalinan yang sulit membuatnya mandul secara permanen.

Di Paris, dia mengambil hak asuh keponakannya, Yvonne. Adalah Yvonne yang pada usia enam belas tahun secara tidak sengaja menggerakkan karir sastra bibinya: Yvonne, ketika melacurkan dirinya (tanpa sepengetahuan Audoux) di lingkungan Paris Halles, bertemu dengan seorang pemuda bernama Jules Iehl. Iehl, yang juga menulis dengan nama pena Michel Yell, tersentuh oleh situasi yang tidak mungkin dialami wanita muda itu dan menemaninya pulang, di mana dia bertemu Audoux. Iehl dan Audoux akan tetap terlibat secara romantis sampai tahun 1912.

Yell memperkenalkan Audoux kepada kaum intelektual Paris—kelompok yang terdiri dari Charles-Louis Philippe, Léon-Paul Fargue, Léon Werth dan Francis Jourdain. Dia juga mendorongnya untuk menulis memoarnya. Memoar itu jatuh ke tangan penulis terkenal Octave Mirbeau dan terbukti sangat menarik sehingga Mirbeau segera mengatur untuk menerbitkannya.

Meskipun kesuksesan dan pujian kritis segera menyusul publikasi memoar Audoux pada bulan Desember 1910, bukunya yang berikutnya adalah sepuluh tahun dalam pembuatan. The Studio of Marie-Claire, yang diterbitkan pada tahun 1920, hanyalah sebuah kesuksesan sederhana; tidak ada novel berikutnya--From the Mill to the Town (1926), The Fiancee (1932), dan akhirnya Soft Light, (1937)- -menyamai kesuksesan debut buku terlarisnya.

Setelah kematiannya pada Januari 1937, novelis itu dimakamkan di Saint-Raphal, tidak jauh dari laut yang dicintainya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bernard Garreau, Marguerite Audoux, la couturière des lettres, Tallandier, 1991.
  • Bernard Garreau, La Famille de Marguerite Audoux, Septentrion, 1998.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]