Marcus Curtius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kematian Pengorbanan Marcus Curtius (1550-52) oleh Paolo Veronese

Marcus Curtius adalah seorang pemuda mitologi Romawi yang menawarkan dirinya kepada para dewa Hades. Dia disebutkan secara singkat oleh Varro[1] dan panjang lebar oleh Livius.[2] Dia adalah nama legendaris Lacus Curtius di Forum Romawi, tempat pengorbanannya.

Biografi legenda[sunting | sunting sumber]

Setelah gempa bumi pada tahun 362 SM, sebuah lubang besar yang dalam tiba-tiba terbuka di Forum Romawi, yang dicoba diisi oleh orang Romawi, namun sia-sia. Karena putus asa, mereka berkonsultasi dengan seorang peramal yang menjawab bahwa para dewa menuntut kepemilikan Roma yang paling berharga.[3] Bangsa Romawi meragukan peringatan tersebut, dan kesulitan memikirkan apa maksudnya.

Namun, seorang tentara muda bernama Marcus Curtius mengecam mereka dan menjawab bahwa senjata dan keberanian orang Romawi adalah harta bangsa yang paling berharga.[3] Mengangkangi kudanya, bersenjata lengkap dan cermat serta berhias, Marcus berkuda dan melompat ke jurang.[3] Segera, lubang yang dalam menutup dirinya, menyelamatkan Roma.[3]

Marcus Curtius dalam Babad Nuremberg (1493)

Lacus Curtius di Forum konon dibangun di lokasi lubang tersebut, dan menerima nama darinya.[3]

Seni sejarah[sunting | sunting sumber]

Kisah Marcus Curtius, yang mengorbankan dirinya, menjadi tema terkenal pada masa Renaisans, karena lukisan yang dibuat oleh seniman Jerman Lucas Cranach Tua (1507/1508) dan seniman Belanda Hendrick Goltzius (1586). Itu juga digambarkan dalam Babad Nuremberg yang terkenal oleh Hartmann Schedel (1493). Sebuah relief, yang tampaknya ditemukan di taman dekat Forum Romanum pada tahun 1553, tampaknya menjadi yang terdepan di sebagian besar gambar. Ini berasal dari Kekaisaran Awal (Kekaisaran Romawi), tetapi mungkin disalin dari karya abad ke-3 atau ke-2 SM.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ De lingua Latina, 5,32,148.
  2. ^ Ab urbe condita libri 7,6.
  3. ^ a b c d e  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Curtius, Marcus". Encyclopædia Britannica. 7 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 653. 
  4. ^ Angeline Chiu, Ovid's Women of the Year: Narratives of Roman Identity in the Fasti, University of Michigan Press, Ann Arbour 2016, p. 31.

Link Eksternal[sunting | sunting sumber]