Manusia Tianyuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Manusia Tianyuan (Hanzi sederhana: 田园洞人; Hanzi tradisional: 田園洞人; Pinyin: Tiányuándòng Rén) adalah fosil manusia yang sejauh ini merupakan manusia modern pertama yang menghuni Asia Timur. Penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa manusia Tianyuan ini hidup sekitar 39000 sampai 42000 tahun yang lalu.

yang mungkin sedikit lebih muda dari satu-satunya temuan tulang lainnya dengan usia yang sama di Gua Niah di Sarawak di pulau Kalimantan di Asia Tenggara.

Analisis isotop menunjukkan bahwa sebagian besar makanan individu ini berasal dari ikan air tawar.

Manusia Tianyuan dianggap sebagai homo sapiens modern awal. Dia tidak memiliki beberapa fitur mandibula yang umum di antara manusia purba akhir Eurasia Barat atau Selatan, yang menunjukkan perbedaannya. Berdasarkan tingkat atrisi oklusal gigi, diperkirakan ia meninggal pada usia 40-an atau 50-an.

Tes DNA yang diterbitkan pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa pria Tianyuan terkait "dengan banyak orang Asia dan penduduk asli Amerika masa kini". Dia juga jelas menyimpang secara genetik dari nenek moyang orang Eropa modern atau orang Aborigin Australia. Dia milik haplogroup DNA mitokondria B.

Pria Tianyuan menunjukkan afinitas genetik yang unik untuk GoyetQ116-1 dari Gua Goyet di provinsi Namur, Belgia yang tidak ditemukan pada individu purba lainnya dari Eurasia Barat. Dia berbagi lebih banyak alel dengan orang-orang saat ini dari suku Surui dan Karitiana di Brasil daripada populasi penduduk asli Amerika lainnya, menunjukkan populasi yang terkait dengan manusia Tianyuan pernah tersebar luas di Asia timur.