Lompat ke isi

Manukan pipi-belang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Manukan pipi-belang
Neoglyphidodon thoracotaeniatus Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN188432 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliPomacentridae
GenusNeoglyphidodon
SpesiesNeoglyphidodon thoracotaeniatus Edit nilai pada Wikidata
(Fowler dan Barton Appler Bean, 1928)
Tata nama
ProtonimAbudefduf thoracotaeniatus Edit nilai pada Wikidata

Neoglyphidodon thoracotaeniatus atau Manukan pipi-belang adalah spesies ikan betok dalam keluarga Pomacentridae . Ia dijumpai di Indo-Pasifik terutamanya di Lautan Pasifik. Orang dewasa dapat tumbuh hingga 135 sentimeter (53 in) . Ia dijumpai dalam perdagangan akuarium.

Sebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Ikan ini ditemukan di Indo-Pasifik terutama di Samudera Pasifik. Populasi di Samudera Hindia hanya terdapat di sekitar Pulau Jawa di Indonesia. Populasi lainnya terdapat di Samudera Pasifik sekitar Indonesia, Australia, Vietnam, Filipina, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon . [1] Biasanya ditemukan di terumbu karang . Ia hidup di kisaran kedalaman 10 hingga 45 meter (33 hingga 148 ft) . [1]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Orang dewasa dapat tumbuh hingga 135 sentimeter (53 in) . Siripnya memiliki 13 duri punggung, 12 hingga 14 duri lunak punggung, 2 duri dubur, dan 13 hingga 14 duri lunak dubur. [2] Seperti kebanyakan spesies ikan manukan dalam genus Neoglyphidodon, ikan dewasa dan ikan remaja memiliki warna yang berbeda. Ikan dewasa berkulit hitam. Mereka memiliki area putih yang memanjang dari mata hingga sirip dada di bagian bawah. Mereka memiliki 3 pita gelap vertikal di depannya. Remaja memiliki pola yang sama tetapi warnanya kuning. Di sekitar sirip punggungnya, ikan muda mempunyai titik gelap. Terdapat garis pirus di sekitar titik gelapnya dan memanjang hingga ke matanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama fishbase2
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama fishbase3